Rabu , 11 Desember 2019

600 Lebih Mahasiswa KKN UR Ditempatkan Pada 7 Kecamatan di Siak

SIAK, DETAKKAMPAR.CO.ID – Lebih dari 600 orang mahasiswa Universitas Riau melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Kabupaten Siak selama beberapa bulan kedepan. Selasa pagi (25/6/19), para peserta kukerta dari almamater langit biru tersebut tiba di Gedung Sekretariat Daerah Komplek Perkantoran Tanjung Agung, dan diterima secara resmi oleh Sekretaris Daerah T.S. Hamzah di Ruang Rapat Raja Indra Pahlawan.

Kehadiran para mahasiswa untuk melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat itu, diharapkan dapat memberi warna tersendiri bagi kemajuan masyarakat khususnya di kampung-kampung yang menjadi lokasi kukerta.

Sekda T. S. Hamzah dalam sambutannya mengatakan penetapan Kabupaten Siak sebagai lokasi kukerta merupakan suatu penghargaan tersendiri, harapannya kata dia pemerintah daerah dapat menerima masukan berharga dan kontribusi ideo kreatif dari para mashasiswa dalam memajukan kehidupan masyarakat.

Pada Kukerta kali ini kata Hamzah Kabupaten Siak ditetapkan menjadi lokasi dengan 6 jenis program kukerta yang terbagi pada 7 Kecamatan di Kabupaten Siak, diantaranya Kecamatan Bungaraya, Koto Gasib, Lubuk Dalam, Sabak Auh, Siak, Sungai Apit dan Tualang.

“Tentunya kami mengharapkan kampung-kampung yang menjadi lokasi penempatan adik-adik mahasiswa dapat terbantu untuk menggali dan menemukan potensi-potensi yang ada, sehingga minimal kita bisa memetakan kebutuhan masyarakat terkait apa yang harus dibuat dan dilakukan” sebutnya.

Selanjutnya kata Hamzah, seandainya kedepan terdapat hal-hal yang perlu segera dibenahi untuk memaksimalkan potensi di desa tersebut, ia meminta para mahasiswa peserta kukerta agar dapat meneruskannnya sebagai masukan bagi pemerintah daerah.

Sementara itu Koordinator Kukerta Universitas Riau Yustina menjelaskan, Peserta Kukerta keseluruhan berjumlah 625 orang, dan akan didampingi oleh sebanyak 16 orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang terbagi pada 7 Kecamatan.

ia menyebut tahun ini program Kukerta juga dilaksanakan di 10 Kabupaten se Provinsi Riau, Sumatera Utara dan Ternate. Namun khusus Kabupaten Siak, tahun ini menjadi lokasi kukerta yang mendapat variasi terbanyak dari keseluruhan program kukerta.

“Ada 6 jenis kukerta yang akan dilaksanakan di Kabupaten Siak ini, diantaranya program kukerta penggagas hasil riset dosen yakni Kukerta Terintegrasi, kemudian program Kukerta terbaru tahun ini yaitu PUPR, Kukerta Program Kreatif Mahasiswa (PKM), Kukerta Revolusi Mental (RM), Kukerta Tematik dan Kukerta Pengabdian dan Pendidikan (PPM)” jelas perempuan penyandang gelar doktor tersebut.

(Amri)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Di Riau Ada Sekolah Rusak, Gubri Minta Usulan Dari Kepala Desa

Pekanbaru, DETAKKAMPAR.CO.ID – Melihat dan mendengar mirisnya sebagian dunia pendidikan dalam sarana prasarana yang digunakan ...