Selasa , November 30 2021

Akibat Konsleting Listrik,Pasara Lipat Kain Habis Di Lalap Sijago Merah

kebakaran-di-pasar-sabtu-lipat-kain-kecamatan-kampar-kiri_20160623_220202Detakkampar.co.id Kampar Kiri – Pasar Lipat Kain, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Riau, terbakar hebat Kamis (23/6/2016) malam sekitar pukul 21.00 WIB. Akibatnya, 20 kios milik pedagang hangus terbakar.
Kepolisian Resor Kampar, sedang menyelidiki penyebab kebakaran di Pasar Lipat Kain tersebut.

“Kita masih menyelidiki penyebab kebakaran yang terjadi Kamis (23/6) malam tadi. Dugaan sementara diakibatkan korsleting listrik,” kata Kepala Polres Kampar, AKBP Edy Supriadi kepada detakkampar.co.id, Jumat (24/6/2016).

Ia menjelaskan, kebakaran yang terjadi sekira pukul 18.40 WIB usai berbuka puasa. Api baru dapat dikendalikan selang tiga jam kemudian atau sekitar pukul 21.30 WIB.

Dalam upaya pemadaman, petugas terpaksa mendatangkan empat unit mobil pemadam kebakaran. Kondisi angin serta bangunan yang sebagian besar terbuat dari papan semakin mempersulit proses pemadaman.

Menurut Edy, kebakaran tersebut berawal dari adanya percikan api yang timbul akibat korsleting listrik. Korsleting listrik yang terjadi di salah satu kios itu kemudian menyambar tabung gas melon atau 3 kilogram sehingga menimbulkan ledakan.

“Ledakan tersebut kemudian menimbulkan api yang cukup besar sehingga dengan mudah membakar dinding serta atap bangunan,” jelasnya.

Sementara itu, mayoritas barang dagangan yang dijual di kios tersebut merupakan pakaian, menyebabkan kebakaran semakin cepat membesar dan sulit dikendalikan.

Ia mengatakan, guna mengatasi api agar tidak menyebar ke kios lainnya, petugas harus meminta bantuan mobil Damkar milik Pemerintah Kota Pekanbaru karena jaraknya sekitar 1,5 jam dari Pekanbaru.

Pada saat kebakaran selain membantu pengamanan, Polisi turut membantu pedagang lainnya mengevakuasi barang dagangan ke tempat lebih aman.

Saat ini, Polsek telah memasang garis polisi di sekitar lokasi kebakaran dan terus melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Untuk total kerugian, petugas masih menghitungnya.(Edi)

Kirim komentar Anda disini

Komentar