Akui Logo HUT RI ke- 71 Mirip Lencana Militer AS, Bekraf Anggap Itu Hal Wajar

logo-hut-ri-ke-71-detak-kamparJAKARTA – Logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Republik Indonesia menuai kontroversi. Beredar kabar di dunia maya yang menyatakan bahwa logo HUT ke-71 RI memiliki kemiripan dengan gambar lencana Divisi Infanteri ke-71 Amerika Serikat.

Bahkan disebut-sebut logo HUT ke-71 RI tersebut meniru logo Divisi Infanteri ke-71 Amerika. Jika pada gambar lencana milik militer Amerika Serikat itu, angka 7 dan angka 1 berwarna biru maka pa angka 7 dan 1 logo HUT RI berwarna putih.

Bedanya, pada logo HUT ke-71 RI, hanya ada dua warna, yakni merah dan putih, dengan kata-kata “Indonesia Kerja Nyata” di pojok kanan atas. Kemudian lingkarannya tampil bergeser sehingga tak utuh bulat.

Menanggapi hal ini Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI, menyebut hal ini sebagai sesuatu yang wajar. Ia mengatakan, tidak ada hal baru dalam desain.

“Logo yang berdasarkan angka itu memang ada kecenderungan mirip,” ujar Kepala Bekraf Triawan Munaf saat ditemui wartawan di Jakarta, Selasa (26/7/2016).

Ia menambahkan, angka 7 dan 1 bentuknya sudah pasti seperti itu dan tak mungkin berbeda.

“ Keaslian logo HUT ke-71 RI ini sudah diklarifikasi penciptanya, yakni Sekretaris Jenderal dari Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI),” pungkasnya.***

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Lanjut Di SMK 1 Tapung, Koramil 16 /Tpg Adakan Giat Bela Negara

TAPUNG, DETAKKAMPAR.CO.ID -Kembali Koramil 16/ TPG melakukan kegiatan Belanegara di Wilayah Kecamatan Tapung, kali ini ...