Senin , November 29 2021

Anggota DPRD Provinsi Riau Kunjungi RTMPE Lumpita :Agar Masyarakat Tidak Terpuruk Dalam Kemiskinan Berkepanjangan

Detak kampar.com Siak Hulu- Anggota DPRD Provinsi Riau daerah Pemilihan Rokan Hulu dari Partai Gerindra Lumpita Pakpahan mengajak rombongan masyarakat Desa Bina Baru Kecamatan Siak Hulu kunjungi Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) dan Rumah Tangga Mandiri Pangan Dan Energi (RTMPE) Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Sabtu (28/11).

Lumpita menjelaskan, dalam kunjungan ini, saya ingin agar masyarakat termotivasi dengan melihat langsung apa yang di buat Bupati Kampar Jefry Noer dalam memajukan masyarakatnya khususnya masyarakat petani agar tidak terpuruk dalam kemiskinan yang berkepanjangan.
Setelah melihat sendiri P4S dan RTMPE, ke depan agar masyarakat dapat bangkit dan merubah pola pikir karena melalui dunia pertanianpun sangat menjanjikan untuk membawa kemajuan ekonomi dan terlepas dari kemiskinan, kata Lumpita.
Banyak yang dapat dilakukan masyarakat petani walaupun dengan lahan yang sedikit seperti di RTMPE hanya memerlukan lahan seluas 1 000 meter saja, mampu memberi hasil hingga puluhan juta.
seperti di lokasi RTMPE ini, kita lihat sendiri banyak hal yang bisa di buat pak Bupatinya seperti ada ternak sapi dengan memanfaatkan hasil urine dan kotoran padat yang di olah hingga menjadi pupuk cair sampai ke pupuk padat bahkan bisa di buat biogas untuk sumber energy yang gunanya untuk sumber energy listrik atau sebagai bahan bakar untuk memasak dengan kompor gas yang bahan  bakarnya biogas.
Ada juga perikanan, pertanian dengan menanam tanaman bawang di lahan seluas 400 meter saja bahkan dalam dua bulan sudah bisa panen dengan hasil mencapai 400 sampai 500 Kg tanaman bawang, ada juga ternak ayam petelur bahkan telurnya bisa untuk di tetaskan atau di jual langsung sampai seratusan ekor ayam.
Hal ini nyata dan mampu di lakukan masyarakat desa,ujar Lumpita yang berdomisili di Kecamatan Siak Hulu, apalagi dengan lahan hanya 1000 meter , saya yakin di Kampar masih banyak,katanya.
Karena itu walaupun saya dari dapil Rokan Hulu tetapi tinggal saya di Siak hulu dan ini sebagai bentuk ke pedulian terhadap masyarakat desa saya, agar masyarakat desa dapat termotivasi dan bangkit dari keterpurukan ekonominya,ujar Lumpita.
Ditambahkannya lagi, ada sekitar 150 orang warga desa Bina Baru yang ikut ke P4S dan RTMPE ini yang kebanyakan di ikuti oleh kaum perempuan Desa Bina Baru, untuk itu pula dirinya berpesan dan harapan ke depan dengan kunjungan ini, jangan hanya seremonial tetapi diterapkan nanti sepulangnya kerumah dan segera bekerja.
Lakukan apa yang di kerjakan dan di contohkan Pak Bupati, upayakan dan ciptakan sejak sekarang RTMPE di rumah masing-masing dan jangan berharap untuk jadi pegawai karena dengan menjadi petani itu sangat menjanjikan, terangnya.
Selain itu, Lumpita juga mengatakan, kalau saja ada 3 orang seperti pak Jefry di Riau maka Riau akan jadi Provinsi termaju di Indonesia karena program RTMPE sangat mampu untuk dilakukan sekaligus mampu mengentaskan kemiskinan, dan kalau hal ini sudah dilakukan masyarakat tentu semua kebutuhan di Kampar dapat di penuhi sendiri,kata lumpita. (Edi/hms)

Kirim komentar Anda disini

Komentar