Minggu , Agustus 1 2021

Anggota KUKERTA UNRI Desa Pulau Jambu 2021, Berpartisipasi di Acara Panen Raya Padi Kuning Khas Kampar

KUOK – Bupati Kampar, H. Catur Sugeng Susanto menghadiri acara Panen Raya Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Riau Bersama Kelompok Tani di Desa Pulau Jambu, Kecamatan Kuok, Kampar Senin (13/7/2021).

Dalam kata sambutannya, Zuriati ketua kelompok tani menceritakan asal usul Padi Kuning yang sudah menjadi khas Kampar dan mengucapkan terimakasih karena telah mengangkat varietas kuning menjadi varietas unggulan.

“Saya ingin menceritakan sedikit asal usul padi kuning ini, dimana padi kuning merupakan padi khas kampar yang sudah ditanam oleh kelompok tani desa Pulau Jambu sejak tahun 1975. Padi kuning ini sangat tahan terhadap hama, tahan terhadap kemarau dan tahan terhadap genangan air. Kami mengucapkan terima kasih karena sudah mengangkat varietas kuning ke permukaan menjadi varietas unggulan,” ujar Zuriati.

Bupati Catur Dalam sambutannta menyampaikan, ucapan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ketua dan Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Riau Khususnya Kabupaten Kampar yang telah memberikan perhatian dengan menggerakkan seluruh elemen kelompok tani dalam budidaya padi kuning khas kabupaten kampar.

Sementara itu, Ketua KTNA Provinsi Riau, Drs. Yusri M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa KTNA Provinsi Riau akan mewujudkan mimpi Provinsi Riau menjadi Swasembada Pangan.

“Kami akan senantiasa membuat masyarakat petani sejahtera di Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Kampar. Ini akan menjadi pilot project di kabupaten Kampar maupun Provinsi Riau. Mimpi Provinsi Riau menjadi swasembada pangan akan segera terwujud,” kata Yusri.

Anggota KKN Universitas Riau Desa Pulau Jambu tahun 2021 ikut serta berpartisipasi dalam meramaikan dan memberikan cendramata pada ibu-ibu kelompok tani dalam acara panen raya padi kuning khas kampar ini. Serta adanya sedikit diskusi antara mahasiswa dan bupati kampar mengenai pertanian di Desa Pulau Jambu untuk kedepannya.

(*)

Kirim komentar Anda disini

Komentar