Rabu , 20 November 2019

APA ITU ASSESSMENT CENTER? BKP2D RIAU MENDAPATKAN PENGHARGAAN

DETAKKAMPAR.CO.IDAssessment Center (AC) merupakan metode yang berbasis kompetensi yang diartikan sebagai proses sistematis untuk menilai ketrampilan, pengetahuan dan kemampuan individu yang dianggap kritikal bagi keberhasilan kinerja yang unggul.

Assessment Center, sebagai metodologi, merupakan evaluasi terstandar mengenai perilaku individu dengan menggunakan beragam simulasi dan instrumen tes perilaku. Melalui beragam materi tes, instrumen evaluasi kepribadian dan wawancara, para assesor yang terlatih melakukan obsevasi terhadap perilaku para peserta assessi; dan kemudian memberikan penilaian akhir assessment serta umpan balik pengembangan. Hasil nilai assessment dan umpan balik diharapkan akan memberikan sumbangan berharga bagi peningkatan mutu pegawai.

pemprov-adv-detak-kampar-1

Dalam rangka mendukung pembentukan Assessment Center Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi Riau menyelenggarakan Diklat Assessor SDM Aparatur bagi Pegawai Negeri Sipil yang telah disaring melalui Seleksi Assessor Provinsi Riau.

Mulai hari ini (29/2) Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Provinsi (BKP2D)  Riau melaksanakan  Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Assessor bagi 14  orang yang telah lulus Seleksi Assessor tersebut.  Diklat ini akan berlangsung selama hampir 3 minggu kedepan dengan narasumber yang berasal dari Badan Kepegawaian Negara.

Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Provinsi Riau melalui UPT. Assessment Kepegawaian melaksanakan kegiatan Pemetaan Jabatan Adminstrator ( Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas ) Dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Kegiatan ini berlangsung di dua tempat yakni ruang kenanga dan auditorium Menara Lancang Kuning jalan Sudirman Pekanbaru. Sebanyak 104 pejabat setingkat Eselon III di lingkungan Pemprov Riau mengikuti kegiatan ini.

Drs. Asrizal, M.Pd selaku Kepala BKP2D Provinsi Riau berkesempatan memberikan sambutan dan motivasi kepada seluruh peserta. Dalam sambutannya, Asrizal menyampaikan harapannya didalam tubuh aparatur Provinsi Riau.

pemprov-adv-detak-kampar-2

Hasil dari kegiatan tersebut, BKP2D Provinsi Riau memperoleh penghargaan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award dalam kategori terbaik III Implementasi Assessment Center Tingkat Nasional.

“Alhamdulillah BKP2D Riau mendapat BKN Award pada Rakor Kepegawaian Nasional tahun 2016, Kamis (26/5/2016) kemarin,” ungkap Kepala BKP2D Riau, Asrizal kepada, Jumat (27/5/2016) di Pekanbaru.

Penghargaan bergengsi ini diserahkan saat Rakor Kepegawaian Nasional Tahun 2016, Kamis (26/5/2016).

“Dari delapan kategori BKN Award yang diberikan, BKP2D Riau meraih salah satunya, sebagai Terbaik III Implementasi Assessment Center Tingkat Nasional, “kata kepala BKP2D Riau Asrizal, Jumat (27/5/2016).

Pemberian Award tersebut didasarkan evaluasi terhadap pembinaan manajemen kepegawaian yang dilakukan oleh Pemprov Riau 2015 dan 2016 antara lain, Melaksanakan Seleksi Terbuka JTP 63 Jabatan, Melaksanakan Seleksi Lanjutan JTP Sekretaris Dewan, Mengirimkan 6 PNS ikut Diklat Jabatan Fungsional Asessor, Melaksanakan Diklat Jabatan Fungsional Asessor bekerjasama dengan BKN di Pekanbaru     untuk 14 orang PNS, Telah memiliki 13 Asessor yang bersertifikasi, dan Melaksanakan Seleksi Terbuka JTM Sekda Provinsi Riau. (adv/hms)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Warga Keluhkan Kualitas PDAM, Pembuatan E-KTP, dan Tenaga Kerja Lokal

SIAK, DETAKKAMPAR.CO.ID – Suryono, anggota DPRD Kabupaten Siak kembali melaksanakan Reses dihari ke empat untuk ...