Rabu , 23 September 2020

Berbagai Kegiatan Dilaksanakan Dihari Kedua Pengabdian Biologi Mahasiswa UNRI 2020 di Kampar Kiri

KAMPAR KIRI, DETAKKAMPAR.CO.ID – Dihari kedua kegiatan Pengabdian Biologi (BONJOUR) 2020 Mahasiswa UNRI dengan tema “Biologi Bersinergi Mengabdi pada Negeri” di mulai dengan Shalat Subuh berjamaah serta Kultum dan dilanjutkan senam bersama yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Kuntu Kecamatan Kampar Kiri, Sabtu (16/2/2020).

Usai sarapan pagi kegiatan dilamjutkan dengan agenda Art of Survive. Dengan Pemateri Delsem Fetibel Puga dan Farok Azmi dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS).

Materi yang disampaikan kedua Pemateri ini adalah tentang cara bertahan hidup di alam bebas dengan alat pertahanan yang minim dan simulasi bagaimana membuat api atau pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan.

“Kami berharap dengan materi yang luar biasa ini, mampu meneguhkan ketangguhan peserta terutama saat terjun ke lapangan”, ujar Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Biologi (BONJOUR) 2020, Saudara Muhammad Nurdin.

Dikatakan Nurdin kegiatan dilanjutkan dengan Biologi Asik Praktikum menarik. Agenda ini diisi langsung oleh alumni Biologi yang telah berpengalaman. Peserta dibagi menjadi tiga pos dengan materi yang berbeda,”terangnya.

Pos pertama diisi oleh pemateri Dwi Adhari Nugroho, M.Si dan di pos ini peserta diajarkan materi maupun praktik mengenai maping atau pemetaan data observasi di lapangan.

Pos kedua diisi oleh pemateri Syafroni Pranata, M.Si. Pos kedua tersebut adalah pos materi tentang ilmu tumbuhan atau Botani. Pos ketiga diisi oleh pemateri Nafisah ul Husna yang menyampailan materi ilmu hewan atau zoologi dengan kaitannya terhadap ekologi kepada peserta.

“Memasuki agenda inti lainnya, yaitu Biology Back to Nature, Peserta melalukan pengabdian desa melalui penyerahan 6 jenis pohon sebanyak 250 bibit pohon. Proses penyerahan bibit pohon kepada Kepala Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri ini dipimpin oleh Ketua Jurusan Biologi FMIPA UNRI yang diwakili oleh Dr. Fitmawati, M.Si selaku Sekretaris Jurusan Biologi FMIPA UNRI,”sambungnya.

Agenda penutup BONJOUR hari kedua adalah Gelora Api Semangat dan Pentas Seni oleh peserta BONJOUR 2020 yang digelar Sabtu malam (15/2), yang dibuka dan dilanjutkan dengan peletakan Api Unggun pertama oleh Dr. Fitmawati, M.Si, peserta maupun senior dan alumni Biologi FMIPA UNRI berseru semangat menyambut pentas seni yang akan ditampilkan oleh peserta.

Berbagai jenis kecerian terpancar dari kekreatifitasan peserta mulai dari yel-yel, jargon, drama, musikalisasi puisi, ataupun vocal group yang bertemakan “Nasionalism,”pungkas Nurdin.

(Kania)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa Kukerta UNRI Bersama IPKKI

PEKANBARU – Universitas Riau (UNRI) telah mewadahi mahasiswa untuk berpartisipasi dalam mencegah penyebaran COVID-19 dengan ...