Rabu , 23 September 2020

Bina Character Bulding Mahasiswa Baru, Ini Kegiatan yang Dilaksanakan Mahasiswa Jurusan Biologi UNRI

KAMPAR KIRI, DETAKKAMPAR.CO.ID – Dalam rangka membina character building Mahasiswa Baru Jurusan Biologi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau menggelar Kegiatan Pengabdian Biologi (BONJOUR) 2020 yang dilaksanalkan selama tiga hari dari tanggal 14 sampai 16 Pebuari.

Untuk hari pertama Jumat (14/2) kegiatan diadakan di halaman depan gedung jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau dan Desa Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar.

Kegiatan yang mengusung tema Biologi Bersinergi Mengabdi pada Negeri” ini bertujuan
untuk mempererat jiwa kekeluargaan Mahasiswa Baru jurusan Biologi FMIPA UNRI dengan senior, alumni serta Dosen.

Dikatakan Ketua Oelaksana Muhammad Nurdin, kegiatan ini diawali dengan registrasi Peserta dan Panitia yang hadir dan kemudian dilanjutkan dengan pembukaan sekaligus pelepasan oleh Sekretaris Jurusan Biologi FMIPA UNRI, Dr. Fitmawati, M.Si. Kemudian para peserta berangkat menuju Desa Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kampar,,”ujarnya.

“Sesampainya di Desa Kuntu, Peserta dibimbing Panitia untuk meletakkan barang-barang ke tenda penginapan lalu beristirahat sejenak dan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan “Cerita Kita” yakni peserta diberi kertas berisi kuisioner mengenai harapan dan tujuan yang akan dicapai setelah masuk ke jurusan Biologi,”jelasnya.

Ditambahkan Nurdin ,kemudian peserta dibimbing untuk shalat Dzuhur dan makan bersama. Kemudian kegiatan “Cerita Kita” ini dilanjutkan dengan penyampaian oleh Dosen Komisi Kemahasiswaan, Meyla Suhendra, M.Si dan Arini, M.Si,’imbuhnya.

Dilanjutkan pengumpulan data untuk mini project, peserta diarahkan panitia menuju ke pemukiman warga untuk mencari data yang dibutuhkan dalam pembuatan mind map melalui wawancara secara langsung oleh warga sekitar. Setelah data tersebut terkumpul, peserta kemudian kembali ke tenda membuat mind map tersebut menjadi sebuah mini project yang akan di presentasikan dan diberi penilaian,

Lebih lanjut Nurdin memaparkan, hal ini bertujuan untuk mengasah kemampuan peserta dalam mencari permasalahan yang terjadi dan menemukan solusi yang terbaik bagi masalah di masyarakat tersebut, khususnya di bidang Biologi,”,terangnya.

Usai Shalat Isya kegiatan ditutup dengan temu ramah bersama Dosen Jurusan Biologi FMIPA UNRI Arini, M.Si, Meyla Suhendra, M.Si dan Hari Kapli, M.Si yang dibarengi dengan sesi tanya jawab oleh peserta.”pungkasnya.

(Kania)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa Kukerta UNRI Bersama IPKKI

PEKANBARU – Universitas Riau (UNRI) telah mewadahi mahasiswa untuk berpartisipasi dalam mencegah penyebaran COVID-19 dengan ...