Selasa , 22 September 2020

Bupati Catur Akan Canangkan Ocu Mapan Tingkat Kabupaten Kampar

BANGKINANG -Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH dijadwalkan akan membuka Pencanangan Program unggulan Optimalisasi Cara Untuk Mandiri Pangan (Ocu Mapan) tingkat Kabupaten Kampar pada 11 Juni 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri, M.Si yang diwakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kampar Ir. Cokroaminoto ketika memimpin Rapat di ruang Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Senin, (8/6/2020).

Dalam rapat teknis tersebut dibahas agenda Bupati Kampar dalam membuka selubung Pencanangan Ocu Mapan yang akan dipusatkan di Kelurahan Langgini. Dalam pencanangan tersebut juga dijadwalkan akan mengundang Kepala Bank Indonesia, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Kepala Balitbang, dan Kepala BPPT Provinsi, Camat se Kabupaten Kampar, Kepala Desa, Penyuluh Lapangan, Ketua Kelompok Tani, serta masyarakat Kelurahan Langgini.

Dalam rapat tersebut tampak Hadir Camat Bangkinang Irianto, Lurah Langgini , Kepala Bagian Sumber Daya Alam Setda Kampar Safaruddin, TP-PKK Kampar, Kabid dan Kasi Dinas Ketahanan pangan Kampar serta undangan lainnya.

Cokroaminoto dalam rapatnya menyampaikan program ini hendaknya dapat memberikan peningkatan ekonomi dan kemandirian terhadap kebutuhan pangan seperti sayur, daging maupun ikan, ia juga berharap program ini akan memberikan dampak bagi ekonomi masyarakat.

“Lahan yang ada dimasyarakat baik itu lahan perkarangan, dan lahan pertanian harus di optimalisasikan demi menunjang ketahanan pangan masyaraka,” ucap Cokroaminoto.

Ia menambahkan bahwa fokus dari tim adalah membantu masyarakat dalam membantu mengoptimalkan lahan yang ada di masyarakat, menurutnya mandiri pangan dapat optimal apabila masyarakat memiliki sumber daya manusia yang unggul di bidang pemanfaatan lahan.

Sementara itu Kepala Bagian Sumber Daya Alam Setda Kampar Safaruddin dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa Setda Kampar sangat mendukung program ini guna percepatan pemulihan perekonomian masyarakat dan program ini sangat membantu kemandirian pangan Masyarakat Kabupaten Kampar.

Ditambahkannya pula, program ini sangat baik, karena masih banyak lahan masyarakat yang belum dioptimalkan, apalagi lahan perkarangan masyarakat apabila dimanfaatkan dapat menghasilkan tanaman pangan yang dapat menambah nilai ekonomi masyarakat.

Dijadwalkan juga pada pencanangan OCU MAPAN tersebut Bupati Kampar menebar benih tanaman Sayuran disalah satu rumah penduduk yang akan dijadikan pilot projek Ocu Mapan dan usai menebar benih Bupati juga akan meninjau rumah bibit yang telah disediakan oleh Dinas Ketahanan pangan Kampar.

(Dirman)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Pemkab Kampar Taja Ajang Pemilihan Duta GenRe Kampar 2020

BANGKINANG – Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan ...