Sabtu , 19 Oktober 2019

Camat Salo Hadiri Musrembangdes Desa Siabu

SALO, DETAKKAMPAR.CO.ID – Desa Siabu Kecamatan Salo menggelar Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrembang) desa. Jumat (27/9/2019) di aula Pertemuan Desa Siabu.

Dalam pelaksaannya, turut dihadiri oleh beberapa elemen dari berbagai unsur masyarakat,Camat Salo, Minda SH, Kepala Desa Siabu, Heri Firdaus beserta perangkat Desa, LPM, Ketua BPD, Tokoh pemuda, Ninik Mamak, Para pendamping, serta masyarakat Desa Siabu.

Acara dibuka dengan pembacaan Doa yang dipimpin oleh Ketua RW dan dipimpin oleh Kepala Desa Heri A Firdaus

Dalam acara tersebut, Kepala Desa Siabu, Heri A Firdaus mengatakan bahwa dirinya sangat berterimakasih kepada seluruh komponen yang ada di Desa Siabu yang telah membantu dalam melaksanakan program-program Desa.

“Selama saya menjabat lebih kurang 4 tahun apa yang menjadi kehendak masyarakat sudah terealisasi.” Ujarnya

Menurutnya, selama Ia menjabat menjadi kepala Desa Siabu ada 29 program yang beberapa poinnya sudah terealisasi, namun dari jumlah tersebut ada sekitar 5 program lagi yang masih dalam proses realisasi.

“Dari 29 program saya, sudah hampir kita penuhi, tinggal 5 poin lagi.”ucapnya

Heri juga mengaku saat ini memang ada profokator yang mencoba ingin memecah bela masyarakat Siabu, namun hal itu tidak menghambat dirinya untuk membangun Desa.

“Kalau ada provokator tolong RT, RW lapor ke saya, yang jelas kita satukan visi misi kita, satukan masyarakat kita, sehingga terwujud aman dan damai. Dan pada dasarnya saya ingin masyarakat Desa Siabu sejahtera.” tuturnya

Ditegaskannya, bahwa provokator hanya ingin membuat situasi Desa tidak nyaman, oleh karena itu jangan sampai ada provokator di Desa kita.” tambahnya

Heri juga menyebutkan, ada program yang akan direalisasikan, walaupun masih dalam tahap proses. Terutama program pariwisata. Taman desa, kita aktifkan program yang ada.

“Insyaallah 2020 sudah clear.” bebernya

Menanggapi hal tersebut, Camat Salo, Minda SH, mengatakan
Bahwa kita harus menjalin kerjasama sebaik baiknya dengan pihak manapun, jangan dijadikan momok untuk menghambat program desa

“Kita sama sama membangun untuk kesejahterahan Desa, setiap pimpinan wilayah pasti ada yang tidak suka, jangan jadikan itu penghambat untuk kemajuan Desa,” jelasnya

Dijelaskan Minda, untuk membangun suatu desa bukan hanya terfokus oleh pembangunan infrastrukturnya saja, namun sumber daya manusia juga harus menjadi skala prioritas.

“Untuk pembangunan ini jangan fokus infrastruktur, ada yang paling penting yakni sumber daya manusia dengan melakukan pelatihan seperti membatik, menjahit atau yang lainnya. Sebab itu juga bisa meningkatkan skill.

“Lakukan pelatihan, kan bisa kita merekrut pemuda-pemudi ataupun ibuk-ibuk rumah tangga untuk menambah kemampuan pribadinya.”sebutnya lagi

Menurut Minda, dalam program Desa ada juga hal yang lebih produktif, Ada pengelolaan sampah dan sebagainya.

Ia juga berharap agar masyarakat Desa Siabu dapat mengurangi penggunaan kantong plastik, hal itu bertujuan untuk meminimalisir sampah yang ada.

“Saya harap kita dapat mengurangi penggunaan sampah plastik sehingga tidak berdampak pada lingkungan.”pungkasnya.

(Dirman)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Gali Potensi Wisata, Kades Pulau Lawas Akan Jadikan Batang Mobau Sebagai Percontohan di Kabupaten Kampar

BANGKINANG, DETAKKAMPAR.CO.ID – Menggeliatnya sektor Pariwisata di Kabupaten Kampar saat ini memacu semangat setiap desa ...