Senin , Oktober 25 2021

China Keluarkan Larangan Merokok di Depan Publik

China menerapkan aturan pelarangan merokok di tempan umum atau ruang publik.

Aturan ini sebenarnya sudah mulai digagas pada 2011, yaitu Kementrian Kesehatan mengajukan pedoman pelarangan merokok di tempat umum seperti di hotel dan restoran.

Namun ini mendapat kritikan tajam karena dianggap tidak memiliki payung hukum yang jelas dan rincian tentang bagaimana aturan akan diberlakukan.

Kini Dewan Negara atau Kabinet China yang dikuasi Partai Komunis lebih tegas mengeluarkan aturan tersebut dan memiliki hukum nasional yang tegas melarang merokok di ruang publik.

Seperti dilansir dari heraldsun, Selasa (31/12/2013), pelarangan juga mencakup di berbagai sekolah, rumah sakit, pusat olahraga, di sarana transportasi umum atau tempat lainnya yang dilarang. Saat sedang melakukan tugas pekerjaan pun petugas atau pejabat dilarang merokok.

Mereka juga tidak dapat menggunakan dana publik untuk membeli rokok

“Hal ini mungkin sebuah terobosan besar. Untuk pertama kalinya , perhatian dan dukungan tingkat tinggi sangat diberikan kepada upaya anti tembakau,” kata Ray Yip, kepala program Bill & Melinda Gates Foundation China. Yayasan ini telah bekerja pada kampanye berhenti merokok di negara ini .

Cina, dengan populasi penduduk 1,35 miliar, memiliki lebih dari 300 juta perokok. (ilh/hs)

Kirim komentar Anda disini

Komentar