Jumat , 6 Desember 2019

Cuaca Kemarau, Koramil 16/Tp Gencar Sosialisasikan Larangan Karhutla Berjalannya TMMD Ke 105

Tapung, DETAKKAMPAR.CO.ID – Babinsa Koramil 16/ Tapung Kodim 0313/Kpr tak henti-hentinya melakukan kegiatan sosialisasi dan patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kali ini (18/7/2019), di Desa Karya Indah tepatnya dilingkungan Dusun 3 Kandis Baru Kecamatan Tapung Kab Kampar.

Pelda Suprapto, pimpinan tim sosialisasi Karhutla atas perintah Kapt.Inf.Taufik Sihombing, Komandan Koramil 16/Tp sewilayah Kodim 0313/Kpr mengatakan “Memang banyak masyarakat yang mengelola lahan disini, namun mereka hanya sebagai pekerja. Sementara pemiliknya tidak berada disini.”

“bahkan tidak sedikit yang bersengketa, ini salah satu kendalanya.” jelas Suprapto.

Ditempat terpisah, Kapt.Inf.Taufik Sihombing saat dikonfirmasi wartawan (18/07/19) menyampaikan, “kegiatan patroli Karhutla ini telah rutin dilakukan agar dapat memastikan bahwa wilayah Kerja Koramil 16/ Tapung Kodim 0313/Kpr bebas dari aksi pembakaran hutan dan lahan dan tidak ada api.” tegas Danramil.

“Meski harus berpanas-panasan dan hanya bisa dilewati sepeda motor saja, bahkan disaat itu didapat informasi dari masyarakat banyak kelompok Gajah yang sering melintas di daerah tersebut.” imbuh Taufik.

Dilanjutkannya, “namun
Personil Koramil 16 Tapung tidak gentar, patroli tetap dilaksanakan di setiap desa sewilayah tugas kita. Kita ingin pastikan tidak ada aksi pembakaran lahan yang dapat menimbulkan kerusakan lingkungan dan menimbulkan asap yang berbahaya bagi kesehatan maupun penerbangan, apalagi Karya Indah berbatas langsung dengan Kota Pekanbaru.” Ujar Danramil.

Tidak hanya patroli, pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi kepada warga, agar bersama–sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Salah satu yang ditekankan adalah agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Kita juga aktif melakukan sosialisasi kepada warga di lapangan langsung, Kita meminta kepada mereka agar sama–sama menjaga guna tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan.” ucapnya.

Salah satu yang ditekankan adalah agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar dan pihaknya lanjut memperkenalkan Budidaya tanaman Porang yang bisa hidup ditengah pepohonan.

 

 

(Tim Serter 16)
Publikasi/Editor : MHA

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Etti Arianti, Calon Kades Perempuan Menangi Pilkades Rimba Beringin

detakkampar.co.id – Seorang Calon Kapala Desa perempuan berhasil menang dengan meraih suara di Pilkades Serentak ...