Minggu , 8 Desember 2019

Dana Bankeu Desa 2019, Desa Karya Indah Ikuti Juknisnya Untuk 3 Item

Tapung, DETAKKAMPAR.CO.ID – Bantuan Keuangan (Bankeu) Desa se-Provinsi Riau sebesar Rp.200 juta/desa diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Riau di Labersa Hotel, Kampar Riau pada Jumat (15/11/2019).
Dari 1.592 Desa se-Provinsi Riau dengan total Bankeu yang disalurkan sebesar Rp.318 Milyar dengan disaksikan oleh sekuruh Kepala Daerah/Kota di Riau.

Tentunya, seluruh Kepala Desa se-Provinsi Riau juga turut hadir langsung dalam acara simbolis penyerahan Bankeu ini, dan sebelumnya para Kepala Desa mendapatkan pengarahan tentang pembinaan dan pengawasan dari Kejati dan Polda Riau guna tidak salah dalam merealisasikannya.

Mekanisme penggunaan Bankeu Desa se-Provinsi Riau, petunjuk teknis, pencairan sampai dengan pertanggungjawaban diatur dalam Peraturan Gubernur Riau, serta sudah disosialisasikan ke kabupaten/kota hingga diteruskan ke kecamatan sampai ke desa melalui pendamping desa dan PMD setempat.

Rudi Andrico SH, salah seorang yang memimpin Desa peserta penerima dana Bankeu ini menjabat sebagai Pejabat Kepala Desa Karya Indah diwilayah Kecamatan Tapung Kab.Kampar saat dikonfirmasi awak media (15/11/2019) terkait Bankeu Desa, menjelaskan bahwa Desanya mendapatkan Dana Bankeu Desa 2019 yang didistribusikan Pemerintahan Provinsi Riau tersebut.

Adapun alokasi Dana Bankeu Desa tersebut akan direalisasikan dalam tiga item pendistribusian, diantara nya untuk operasional kantor, pengembangan usaha BUMdes, dan Gharim Masjid.

“Anggarannya sudah diatur sesuai dengan juknisnya..28 jt untuk operasional kantor desa, 3 juta ghorim masjid se-desa karya indah, 169 jt ke BUMDES.” beber Rudi.

Diungkap Pj.Kades Karya Indah ini, bahwa Operasional kantor akan direalisasikan kedalam bentuk pembelian komputer, “dalam juknis itu boleh” imbuhnya.

Dan untuk Ghorim Masjid di Desa Karya Indah ada 6 Masjid. “Jadi 1 0rang Ghorim mendapatkan Rp.500 ribu. selanjutnya, BUMDes Karya Indah dilaksanakan untuk pengembangan usaha BUMDes itu sendiri,,,” sebut Rudi Andrico.

Menutup penjelasan, Pj.Kepala Desa Karya Indah menyampaikan “Memang bnyak masjid didesa kita, cuma masjid yang didaftarkan itu sudah dengan pertimbangan Tim dari Desa. karena beberapa masjid yang tidak masuk kategori terletakk didalam kawasan perumahan maupun masjid yang sudah menggaji ghorimnya sendiri.” Pungkas Rudi.

 

 

**M.Hasbi

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Etti Arianti, Calon Kades Perempuan Menangi Pilkades Rimba Beringin

detakkampar.co.id – Seorang Calon Kapala Desa perempuan berhasil menang dengan meraih suara di Pilkades Serentak ...