Sabtu , 19 Januari 2019

Ternyata Ini Penyebab DD Tahap III di Kampar Belum Cair

Foto : ilustrasi

BANGKINANG KOTA, DETAKKAMPAR.CO.ID – Pencairan Dana Desa (DD) tahap III sebanyak 40 persen lagi di Kabupaten Kampar hingga awal Desember ini masih belum terealisasi yang semestinya sesuai tahapan dari Pemerintah Pusat September sudah bisa di cairkan.

Keterlambatan pencairan DD ini diduga karena adanya sejumlah desa di Kabupaten Kampar yang bermasalah laporan keuangan tahun sebelumnya dan juga laporan pengunaan dana yang sudah berjalan.

Hal ini disampaikan Ketua Bidang Advokasi Apdesi Kampar, Andra Maistar kepada Detak Kampar Rabu pagi (5/12/2018). Dikatakan Andra pencairan DD sudah berlangsung dua tahap yaitu, 20 persen dan 40 persen, sesuai aturan dan persyaratan yang ditentukan Pemerintah Pusat ini kan harus ada laporan realisasi penggunaan anggaran yang sudah digunakan ke Dinas PMD, mungkin masih ada sejumlah desa yang belum menyelesaukan laporannya,” jelas Andra.

Dilanjutkan Andra setelah pelaporan penggunaan anggaran ini selesai barulah pencairan tahap ketiga dilakukan Pemerintah Pusat. Namun ada individu Kades yang melalaikan ini boleh jadi karena SDM ataupun memang ketidakpedulian,” terangnya.

Sebaliknya ada teman – teman Kades yang serius dan telaten sehingga pada waktu yang telah ditentukan mereka sudah menyelesaikan laporannya, tapi kan Pemerintah Pusat tidak melihat desa secara individu namun Kabupaten Kampar secara keseluruhan sehingga berimbas kesemua desa,” tegas Kades Tarai Bangun ini.

“Karena Dinas PMD sebagai dapur Pemerintah Desa seharusnya mereka melakukan pembinaan khusus kepada desa – desa yang bermasalah laporan penggunaan anggaran ini dengan melakukan pendampingan sehingga hal ini tak berulang terus menerus dan memberatkan Pak Bupati,” sambungnya.

“Kalau saja Dinas PMD mau jemput bola untuk menyelesaikan persoalan – persoalan seperti ini agar kita bisa menjadi yang terbaik dalam pengelolaan Dana Desa, saya yakin hal ini bisa teratasi,” tutupnya.


(Dirman)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Kwarcab Yuyun Hidayat : Pramuka XIII Koto Kampar Harus Miliki Saka Pariwisata

XIII KOTO KAMPAR,DETAKKAMPAR.CO.ID -Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Pramuka Kampar Yuyun Hidayat menekankan, Pengurus Kwartir Ranting ...