Jumat , Oktober 22 2021

Dewan Minta Pemkab Kampar Tegas Soal CSR Perusahaan

dprd-kampar-detak-kamparBANGKINANG KOTA – Wakil ketua sementara DPRD Kampar, Sunardi meminta Pemkab Kampar dapat bertindak tegas dalam mengawasi pelaksanaan program CSR oleh perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten kampar.

“Bagi perusahaan yang tidak memiliki komitmen dalam pelaksanaan program CSR, agar dapat diberikan sanksi yang tegas,”ungkapnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (28/1/2016).

Menurutnya, seluruh perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kampar, CSR merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan. Karena hal tersebut sudah diamanatkan oleh Undang-Undang.

Diantaranya dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, pada pasal 74 ayat 1 pada UU tersebut dikatakan, perseroan yang menjalankan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Sementara pada ayat 2 dikatakan Tanggung jawab sosial dan lingkungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan kewajiban perseroan yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya perseroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.

Pada ayat 3 ditegaskan, perseroan yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud paa ayat (1) dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Jika seluruh perusahaan dapat melaksanakan program CSR secara optimal atau secara efektif, maka banyak desa yang terselamatkan,” pungkasnya. (dr)

Kirim komentar Anda disini

Komentar