Senin , Oktober 25 2021

Di PKN, KPOTI Riau Pamerkan Kekayaan Muara Takus

KAMPAR – Pekan Budaya Nasional (PKN) tahun 2020 Propinsi Riau pamerkan Candi Muara Takus ke Tingkat Nasional. Untuk itu kegiatan perlombaan permainan dilaksanakan Komite Permainan rakyat dan olahraga tradisional Indonesia (KPOTI) Riau melakukannya di Candi Muara Takus di kecamatan XIII Koto Kampar.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 24-25 Oktober kemarin dimulai dengan pembukaan di Dkotoz Villa, Ketua Umum KPOTI Riau Letkol Inf Aidil Amin M. IP memberikan arahan dan semangat kepada para atlit yang bertanding. ‘Pertandingan ini berbeda dengan pertandingan yang lain, karena kita tidak hanya mengejar nilai prestasi namun juga mengemban misi menghidupkan kembali budaya kita sekaligus menyelamatkan anak bangsa “ujarnya.

Ini disebabkan dalam kegiatan ini budaya dan permainan yang sudah lama hilang sehingga menghidupkan kembali dan mengembangkannya itu juga bernilai budaya ” Dan yang terpenting adalah menyelamatkan anak bangsa dari pengaruh gadget, ini nilai yang membuat lebih “ujarnya.

Selain itu pengambilan tempat di Candi Muara Takus juga upaya KPOTI Riau dalam mengenalkan kekayaan budaya Kampar ke tingkat nasional. ” Dan mari kita berjuang semaksimal mungkin agar Riau bisa juara dan maju ke tingkat internasional “ujarnya.

Pelaksanaan permainan dan pengambilan gambar dilaksanakan di kawasan Candi Muara Takus, para atlit Bakiak Panjang, Menyusun Balok dan Egrang berusaha semaksimal mungkin menampilkan kemampuan terbaik mereka.

Ketua Official Riau Syukri menyatakan, hasil permainan dalam bentuk video tanpa editan ini akan dikirim ke Jakarta dan itu yang akan diseleksi oleh panitia pusat. “Kita sudah berbuat semaksimal mungkin, dan para atlit juga sudah bekerja keras, dan video sudah kita kirim. Sekarang tinggal menunggu hasilnya saja ” Ujarnya pada media(26/10)

(*)

Kirim komentar Anda disini

Komentar