Rabu , Oktober 20 2021

Di Turki Bukan Hanya HAM, Hak Hewan Pun Dilindungi

hak-hewan-dilindungi-turkiTurki saat ini sedang mempertimbangkan untuk mengganti hukuman ringan bagi orang yang berlaku kejam pada hewan dengan hukuman yang lebih berat sebagai bagian dari reformasi untuk meningkatkan hak-hak hewan.

Aktivis hak-hak hewan telah meminta pemerintah untuk mengubah pasal yang berhubungan dengan hak hewan sehingga kejahatan terhadap hewan dapat dikenai hukuman penjara.

Parlemen juga telah menyetujui rancangan hukum tersebut pada 2014 yang secara resmi para pelaku penyiksaan hewan dapat dikenai hukuman hingga tiga tahun penjara.

Sikap tegas Turki dalam melindungi hewan, terlihat dari hukuman yang dijatuhkan oleh pengadilan di wilayah barat Turki kepada Mehmet Akış yang menabrak lari kucing.

Ia didenda sebesar 1.000 LT ($337.30) atau berkisar Rp 4 juta lebih kepada pemerintah setlah dilaporkan oleh aktivis hewan setempat yang mengetahui dan membawa keterangan saksi.

Turki, khususnya di ibukota Istanbul hewan seperti kucing mendapat perlakuan yang baik. Di ibukota yang mayoritas penduduknya beragama Islam itu bahkan terdapat masjid yang membuka pintunya bagi makhluk hidup seperti kucing dan juga tanaman.***

Kirim komentar Anda disini

Komentar