Kamis , September 23 2021

Dihadiri Kadis PMD Provinsi Riau, Forum BPD Kampar Gelar Mubes

BANGKINANG – Forum Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kampar menggelar acara Musyarawah Besar (Mubes) dalam pemilihan Ketua Umum dan beberapa pengurus yang saat ini sudah tidak Menjabat di BPD lagi, Sabtu (11/9/2021) di objek wisata Tepian Mahligai Desa Pulau Gadang.

Diantara pengurus tersebut ada yang menjadi Kepala Desa dan ada lagi yang memang sudah tidak aktif lagi di BPD.

Hadir pada acara tersebut, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Riau Yurnalis, Kadis PMD Kampar Afrizal yang diwakili Kabid Binwas Zamhur, Ketua Umum Forum BPD Kampar Syofian Dt.Majo Sati beserta peserta pengurus Forum PBD se Kabupaten Kampar.

Kadis PMD Provinsi Riau Yurnalis menuturkan, bahwa dirinya menyambut baik terselenggaranya Mubes forum BPD Kampar yang digelar pada hari ini untuk mengganti atau memilih Ketua Umum yang saat ini sudah menjabat sebagai kepala desa.

“Tentunya dengan terpilihnya Ketua forum BPD yamg baru kita berharap bisa mensinergikan dalam rangka membangun desa, sejatinya keberadaan BPD ini saat diperlukan dalam rangka melakukan pengawasan kinerja Kades,’ucap Yurnalis.

Ditambahkan Yurnalis, seharusnya kedua kelembagaan ini mestinya seiring sejalan sehingga pembangunan di desa bisa berjalan dengan baik.

“Kepala Desa dan BPD ibarat satu rumah beda kamar, yang tentu punya tujuan yang sama untuk membangun dan memajukan desa,”imbuhnya.

Sementata itu, Ketua Umum Syofian Dt Majo Sati menyampaikan bahwa Mubes pada hari ini dalam rangka memilih Penjabat sementara (Pjs) Ketua Umum dan Sekjen untuk melanjutkan kepemgurusan hingga tahun 2023.

“Kita melaksanakan kegiatan ini, mengacu dalam AD/ART Organisasi, dimana didalamnya kalau pengurusnya tidak aktif lagi sebagai BPD di Desanya, tidak boleh lagi menduduki jabatan dalam forum BPD Kampar,” ujar Syofian saat dikonfirmasi awak media disela – sela kegiatan.

Lebih lanjut, Syofian menambahkan bahwa demi menjaga kemurnian dan Indenpendsi forum BPD Kampar, maka kita mengadakan mubes ini untuk mencari Penjabat sementara Ketua forum BPD Kampar.

“Forum BPD Kampar ini adalah yang pertama aecara akta notaris
berdiri di Indonesia, kita sudah teregristrasi di Menkumham dan telah melakukan beberapa kegiatan, “kata Syofian lagi.

Sebelumnya, tambah Syofian, kita sudah melakukan kegiatan yang dilaksanakan langsung oleh forum BPD Kampar yang bekerjasama dengan pihak ketiga dalam peningkatan kapasitas sumberdaya manusia BPD Kampar.

“Dimana kita sudah melakukan Bintek berbagai daerah pulau Sumatera, mudah – mudahan ini bisa dilanjutkan oleh kepengurusan baru nantinya,” tambahnya.

Kedepannya, hendaknya bisa bekerjasama dengan pemerintah desa untuk membangun desa masing – masing nantinya, dan Insya Allah forum BPD Kampar akan berkantor di Dinas PMD Kampar.

“Kita minta Dinas PMD Kampar, mudah – mudahan bisa menerima forum BPD Kampar kedepannya, kita ingin sinergitas antara pemerintah desa dengan BPD,” harapnya

(Man)

Kirim komentar Anda disini

Komentar