Selasa , Oktober 19 2021

Disbunnak Keswan Targetkan 1150 Ekor Kerbau di Kampar

 


BANGKINANG – Inseminasi Buatan (IB) merupakan salahsatu program Pemerintah untuk membantu para peternak untuk mempercepat pembiakan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

Untuk mendukung progran Pemerintah ini,, Dinas Perkebunan Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disbunnak Keswan) Kampar menargatkan Inseminasi Buatan (IB)
terhadap 1150 ekor kerbau di Kabupaten Kampar.

Melalui Kabid Kesehatan Hewan drh. Deyus Herman, Kadis Disbunnak Keswan Kampar mengatakan, sejumlah desa sudah dilakukan sosialisasi dan dilakukan IB terhadap kerbau, “ujarnya Kamis (23/7/2020).

Disaat Pandemi Covid -19 ini ada bebarapa kegiatan kita tertunda, yang awal tahun sudah kita laksanakan diberbagai daerah seperti di Desa Limau Manis sebagai Pilot project, Desa Kasikan Tapung Hulu, Desa Kumantan, Koto Tibun dan beberapa desa lainnya kita sudah dilakukan sosialisasi IB kerbau seperti di Desa Gunung Bungsu,” terang Deyus.

Ditambahkan Deyus, menambahkan peluang kerbau di Kabupaten Kampar sangat menjanjikan apalagi kerbau merupakan komoditas kurban utama di Kampar dan ini merupakan peluang bagi kita.

“Misallnya di Desa Gunung Bungsu Kecamatan XIII Koto Kampar saat kita sosialisasi, kerbau disana mencapai 400 ekor, hanya satu desa saja,”jelasnya lagi.

“Kita menargetkan sekitar 1150 ekor kerbau akan kita lakukan teknologi IB, setiap tahun kurban di Kampar mencapai sekitar 5.000 ekor, kedepannya kita menanrgetkan dengan program IB ini akan memenuhi kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Kampar,”pungkasnya.

(Dir)

Kirim komentar Anda disini

Komentar