Sabtu , 20 Juli 2019

DPPKBP3A Kampar Hadiri Harganas XXVI Tingkat Nasional

BANGKINANG, DETAKKAMPAR.CO.ID
Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar dan TP-PKK Kabupaten Kampar hadiri pelaksanaan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI Tahun 2019 Tingkat Nasional yang digelar di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Puncak Harganas digelar, Sabtu (6/7/19).

Rombongan DPPKBP3A Kabupaten Kampar dipimpin oleh Sekretaris DPPKBP3A Kabupaten Kampar Dr. Awal Haeniwati. Rombongan ini terdiri dari beberapa orang Kepala Bidang dan Kasi dilingkup DPPKBP3A Kabupaten Kampar. Sementara dari TP-PKK Kabupaten Kampar diwakili oleh Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Kampar Ny. Hj. Juli Mastuty Yusri.

Sekretaris DPPKBP3A Kabupaten Kampar Dr. Awal Haeniwati kepada wartawan menyampaikan bahwa keikutsertaan DPPKBP3A pada Harganas XXVI ini sangat bermanfaat dalam upaya menggelorakan dan mensosialisasikan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten Kampar sehingga dapat mewujudkan masyarakat Kampar yang berkarakter dan sejahtera.

Menurut Awal bahwa pada momen Harganas XXVI ini adanya penekanan kembali ke keluarga karena keluarga merupakan guru pertama. “Delapan fungsi keluarga harus menjadi perhatian untuk menjadikan keluarga berkualitas dan berketahanan,” ujar Awal.

Disampaikan Awal bahwa keluarga merupakan tempat penyemaian pertama nilai-nilai aspek kehidupan. Dimana hal ini menjadi tempat sosialisasi dan internalisasi pertama pula terhadap hal-hal tersebut. Sebagai unit sosial terkecil dalam masyarakat, keluarga harus memiliki kekuatan dan ketahanan. Sehingga dapat membentuk masyarakat yang kuat dalam menghadapi segala permasalahan dan tantangan yang ada.

Puncak Harganas XXVI di Banjarbaru Kalimantan Selatan ini dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani mewakili Presiden RI Joko Widodo. Hadir pada kesempatan tersebut Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek, Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo, sesepuh BKKBN Prof Haryono Suyono, Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor.

Puan Maharani dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Harganas menjadi peringatan tahunan untuk bisa merekatkan hubungan keluarga dan gotong royong bagi keluarga Indonesia. “Peringatan ini penting dan jangan hanya menjadi seremonial, harus direalisasikan konkrit didalam keluarga Indonesia,” pesannya.

Sebelum pelaksanaan puncak Harganas XXVI tingkat nasional Sabtu (6/7/19), telah dilaksanakan serangkaian kegiatan pra Harganas, 1-6 Juli 2019. Diantaranya pelaksanaan bhakti sosial donor darah, pelayanan KB MKJP dan IVA Test, pelayanan administrasi kependudukan, pertemuan kesehatan reproduksi dan pelayanan KB, lomba inovasi pencegahan perkawinan anak, GenRe Edu Camp.

Kemudian seminar pencegahan perkawinan usia dini, seminar tumbuh kembang pola asuh anak, seminar pencegahan stunting, sosialisasi program pengendalian penduduk bagi generasi muda, gerakan peran pengasuhan ayah, Parade KIE susur sungai, pameran dan gelar dagang, sosialisasi pendidikan dan pencanangan sekolah siaga kependudukan.

Selanjutnya penyerahan penghargaan kesatuan gerak PKK KB Kes, seminar kependudukan, seminar peningkatan kesertaan KB Pria, Aksi GenRe, seminar dan pameran lansia, seminar pola pengasuhan anak dan remaja, gathering lansia usia tangguh, penyematan tanda kehormatan dan tanda penghargaan bidang KKBPK tahun 2019, gala dinner dan beberapa kegiatan lainnya.

(***)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Sekda Lepas Pawai Ta”aruf MTQ ke 50 Kabupaten Kampar

KAMPAR KIRI TENGAH, DETAKKAMPAR.CO.ID – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-5O tingkat Kabupaten Kampar tahun ...