Senin , November 29 2021

Eva Yuliana ; Jalankan Pola Hidup Sehat

Detak kampar.com TAPUNG – Kebijakan Pembangunan kesehatan ditekankan pada upaya Promotif dan preventive agar orang yang sehat menjadi lebih sehat dan produktif. Pola hidup sehat merupakan perwujudan paradigma sehat yang berkaitan dengan perilaku perorangan, Keluarga, kelompok dan masyarakat yang berorientasi sehat dengan meningkatkan, memelihara dan melindungi kualitas kesehatan baik fisik, mental, spiritual maupun sosial.

Demikian disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Hj. Eva Yuliana Jefry saat melakukan pembinaan kepada masyarakat di Desa Sari Galuh Kecamatan Tapung pada Ahad, 22/11.

“pentingnya bagi setiap warga untuk menjaga kesehatan. Hal ini dimulai dari kebersihan keluarga dan kebersihan lingkungan kata Eva Yuliana yang didampingi Ketua TP PKK Kecamatan Tapung Rahmanila Rahmat, Kapus Tapung II H. M Syafe’I, SKM. Kepala Desa Sari Galuh Sumarna dan Ibu serta Dasawisma di Desa Sari Galuh.

Eva Yuliana didampingi pengurus PKK Kabupaten Kampar kunjungan ini dalam rangka pembinaan berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Agar setiap keluarga dapat menerapkan pola hidup sehat di Rumah Tangga Masing-masing, karena disini awal dari desa sehat dan hidup berPHBS” Katanya lagi.

Ini kehormatan bagi desa yang akan membawa nama Kampar di tingkat propinsi, “dari 251 Desa maka Desa Sari Galuh mewakili Kampar di propinsi Riau” Katanya Ketua TP PKK Kampar tersebut.

Perilaku hidup sehat sangat bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan sehingga indikator yang dinilai pola dan dan perilaku hidup secara pribadi dan dalam keluarga.

“Rumah sehat, jiwa sehat maka apapun yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik” Katanya singkat
Adapun indikator pola hidup bersih dan sehat meliputi Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, Memberi bayi ASI eksklusif, Menimbang bayi dan balita, Menggunakan air bersih, Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, Menggunakan jamban sehat, Memberantas jentik di rumah, Makan buah dan sayur setiap hari, Melakukan aktivitas fisik setiap hari, Tidak merokok di dalam rumah.

“dari beberapa point tersebut hendaklah dapat di terapkan didalam keluarga kita” Tambah Eva lagi.

Pada akhir pembinaan di Desa  Ketua TP PKK Kampar dan rombongan melakukan melakukan peninjauan terhadap Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Tunas Bangsa Desa Sari Galuh Kecamatan Tapung serta melakukan peninjauan kerumah-rumah warga dalam penerapan pola Hidup Bersih dan Sehat.(dir/hms)

Kirim komentar Anda disini

Komentar