Senin , Oktober 25 2021

Facebook Akan Dilengkapi Tombol ‘Simpati’

Anda mungkin merasa bingung saat membaca posting status teman Facebook sedang dilanda kesedihan, misalnya mengabarkan kabar duka. Yang Anda lakukan selama ini barangkali dengan mengomentari psotingan itu. Sebab, fitur tombol Facebook hanya menyediakan tombol ‘Like’ dan ‘Unlike’ saja.

Dalam konteks berduka itu, tentu kedua tombol kurang pas, tak mewakili rasa simpati dan kesedihan Anda. Jika menyampaikan rasa dengan tombol “Like,” meski maksudnya turut berduka, tetap saja rasanya aneh dan kurang tepat.

Untuk itu, dilansir BBC, Kamis 12 Desember 2013, Facebook mengumumkan tengah menyiapkan tombol “Sympathize” untuk mewakili perasaan duka penggunanya. Proyek itu bernama Hackaton.

Tombol simpati itu akan menyesuaikan dengan emosi dari postingan pengguna. Dikatakan jika status bernuansa emosi duka dan keprihatinan, maka tombol “Like” akan berubah menjadi tombol “Sympathize.”

Namun, Facebook belum menghadirkan tombol baru itu dalam waktu dekat. Entah kapan diluncurkan, jejaring sosial buatan Zuckerberg itu hanya mengumumkan sedang dalam proses. Wujudnya pun belum diketahui seperti apa, memakai simbol gambar apa dan bagaimana.

Saat ini, Facebook tengah mengadakan riset, yang mana publik dan peneliti diminta aktif meningkatkan pemahaman Facebook terkait dengan respons bagaimana menyatakan rasa haru.

“Banyak orang sangat bersemangat dengan tombol ‘Simpati’. Tapi, ini bukan waktu yang tepat untuk meluncurkan produk itu,” jelas Dan Muriello, seorang teknisi peranti lunak Facebook.

Sebagaimana diketahui, forum hackathon Facebook merupakan temu teknisi perusahaan dan ajang mendiskusikan hal-hal yang baru untuk pengembangan platform Facebook.

Dari forum itu telah lahir Facebook Chat dan fitur rekomendasi teman. (viva/hs)

Kirim komentar Anda disini

Komentar