Sabtu , November 27 2021

Formatur LAK Nyatakan Kepengurusan yang Sah adalah Hasil Mubes

lak

BANGKINANG (DK) – Panitia dan Tim Formatur penyusunan Pengurus meminta agar pemerintah Kampar segera melantik dan mengukuhkan kepengurusan hasil Mubes LAK ke III yang dilaksanakan pada Desember 2015 yang lalu.

Karena kepengurusan yang sah dan diakui oleh seluruh Ninik mamak Kampar adalah mereka yang namanya dihasilkan mubes. “Dan kita harapkan Bupati Kampar selaku Payung Panji adat segera mengukuhkan kepengurusan tersebut dan tidak mengukuhkan kepengurusan yang lain “ ujar salah satui tim formatur H Arman Datuk Majo Kayo kepada Riau Pos di Air Tiris Kampar usai melaksanakan rapat dengan para Ninik mamak dan pengurus di Airi tiris (8/12)

Dijelaskannya kondisi kelembagaan yang membawahi para ninik mamak ini sudah dalam kondisi memprihatinkan, karena sejak tahun 2006 yang lalu sudah dua kali dilaksanakan mubes memilih ketua dan pengurus namun selalu gagal dilantik, sehingga organisasi ini tidak berjalan sebagaimana mestinya. Dan otomatis juga membuat pengembangan adat dan budaya masyarakat Kampar terhambat. Dan semua konflik ini disebabkan tidak adanmya harmonisasi berbagai pihak.

Namun mubes yang dilaksanakan pada akhir tahun 2015 yang lalu itu hendaknya jangan mengalami kejadian yang sama lagi, karena sudah saatnya LAK ini bangkit. Untuk itu pejabat sekretaris disalah satu SKPD di Kampar ini mengharapkan agar pemkab Kampar bisa bersikap bijak. Karena dengan bijaksananya kepala daerah akan membuat lembaga ini bisa kembali teratur.

Untuk itu dalam rapat ini tim Formatur mengirimkan surat oknum yang menyatakan dirinya sebagai PLT LAK Kampar yang juga ditembuskan kepada Bupati Kampar, kepala Kesbangpol dan DPRD Kampar , isi surat ini bahwa Kepengurusan LAK yang sah dan adalah kepengurusan hasil mubes.

Para formatur ini adalah H Syartuni Dt Paduko Majo, H Arman Dt Majokayo, H Afrizal DT Paduko Tuan, H Sawir Dt Tandiko , H Lazim Dt Bosau dan Yusri Dt Bandaro Mudo. Para formatur ini mengharapkan dengan adanya surat ini dan adanya pelantikan segera oleh Pemkab Kampar maka kelembagaan Ninik mamak di Kampar dapat di jalankan sebagaimana mestinya ***

Kirim komentar Anda disini

Komentar