Senin , Oktober 25 2021

Gubernur Riau Pimpin Upacara HUT Riau ke-59

PEKANBARU – Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menjadi pemimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Provinsi Riau di halaman kantor Gubernur Riau, Selasa (09/08). Pada kegiatan upacara HUT Riau, Walikota Dumai, Zulkifli AS dipercaya sebagai komandan upacara, sedangkan pembacaan teks naskah visi misi Riau 2020 Wakil Ketua DPRD Sunaryo.

foto.4

Dalam sambutannya, Gubernur Riau mengatakan, hari jadi Riau kali ini merupakan momen bagi Riau untuk mengingat amal bakti para pejuang. “Kalau ikuti jejak sejarah Riau selama 59 tahun, Riau seharunya saat ini sudah sangat matang dengan kemajuan,” ujarnya.

Gubernur Riau menyadari harapan masyarakat Riau terhadap pembangunan daerah ini bergantung pada pundak kami. “Kami harap dengan ini kami bisa menyatukan persepsi untuk membangun negeri,” tambahnya.

Kemudian, Gubernur Riau juga menyampaikan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah atau SKPD, untuk betul-betul memanfaatkan perkembangan informasi dan teknologi untuk pelayanan masyarakat.

foto.3

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Riau melaunching tagline Riau Go IT sebagai pemacu terlaksananya e-Government atau pemerintahan berbasis elektronik dan teknologi. Pada perayaan Hut Riau ke 59 tahun 2016, konsen untuk memperbaiki kualitas pelayanan dengan memanfaatkan teknologi dan informasi merupakan langkah yang tidak bisa ditawar.

“Melalui e-government, kita dapat meningkatkan pelayanan publik. Bisa mempermudah koordinasi antara pemerintah pusat hingga ke pemerintah desa,” ungkap Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman.

“Bagaimanapun IT harus di manfaatkan Pemda kedepan dan harus diseriuskan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

“Jadi ada banyak sistem nanti yang akan diterapkan melalui IT, misalnya mengurus surat sudah di paperless dengan sistem e-office. Dewan juga bisa melakukan fungsi pengawasan mereka dengan memanfaatkan sistem IT ini,” tambahnya.

foto.1

Pada peringatan HUT Provinsi Riau ke 59 tahun 2016 Pemerintah Provinsi Riau memberikan penghargaan pada para pendiri dan pejuang Provinsi Riau yang telah berjasa. Pemberian penghargaan berupa Piagam dan Medali Kehormatan  kepada 20 orang pejuang yang dirangkai dalam acara Rapat Paripurna Istimewa HUT Riau ke 59 di Gedung DPRD Riau.

Penyerahan langsung diberikan oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rahman dan didampingi oleh Pimpinan DPRD Riau, Noviwaldy Jusman, Manahara Manurung dan Sunaryo kepada ahli waris masing-masing penerina. Pemberian dalam bentuk penghargaan dan penghormatan pada 20 tokoh tersebut tertuang dalam SK Gubernur Riau No 673/VII/2016 tanggal 21 Juli 2016.

Adapun 20 orang yang menerima kehormatan tersebut adalah Abbas Jamil (Purn) dari Siak, peghargaan berupa gelar pahlawan kemerdekaan, Abdul Latif Dt Bandaro Sati dari Kampar,  penghargaan  berupa gelar pahlawan kemerdekaan. Arifin Ahmad, (Purn) dari Bengklis, penghargaan berupa gelar pahlawan kemerdekaan, H. Masnoer Kolnl (Pur) dari Bengkalis, penghargaan berupa gelar pahlawan kemerdekan.  H. Raja Roesli BA dari Kuansing, penghargaan berupa gelar pahwan kemerdekaan. Hasan Basri Lilit letkol (Purn) dari Riau, penghargaan berupa gelar pahlawan kemerdekaan. Khadijah Ali dari Riau, penghargaan berupa gelar pahlawan kemerdekaan.  M Boya Letda dari Rohil, penghargaan berupa gelar pahlawan kemerdekaan. OK M Djamil dari Bengkalis, penghargaan berupa gelar pahlawan kemerdekaan.  R. Soebrantas Siswanto Brigjen (Purn) dari Bengkalis, penghsargaan berupa gelar pahlawan kemerdekaan. Sultan Muhammat Zainal Abidin dari Rohul, penghargaan berupa gelar pahlawan kemerdekaan. Tengku Agung Syarifah Latifah dari Siak, pahlawan kemerdekaan.  Thoha Hanafi Mayor (Purn) dari Inhu, pahlawan kemerdekaan.  Tulus dari rengat, pahlawan kemerdekaan, Buya Makrifat Mardjani dari Kuansing, pahlawan kemerdekaan. Tuan Guru Syekh Abdurrahman Syiddiq dari Inhil, penghargaan pejuang Agama Islam.  Dt Muhammad Djohan dari Meranti, pahlawan Bidang Politik/Pemerintahan.  Dt Wan abdurrahman dari Pekanbaru, pahlawan Bidang Politik/Pemerintahan. H. Daeng Muhayan Nur dari Meranti, pahlawan berupa politik/pemerintahan dan H. Tenas Effendi Dr (Hc), pahlawan Budaya.

foto.2

Dalam memeriahkan HUT Provinsi Riau ke 59 juga dilaksanakan pawai budaya perwakilan dari kabupaten/kota dan skpd yang ada di Provinsi Riau, kegiatan ini di mulai dari para bujang dara, seni drumband.

“Selain bagian dari HUT ke 59 Riau, pawai budaya ini juga adalah salah satu keterampilan, hasil seni, kreasi dan ciri khas tersendiri bagi setiap peserta dari kabupaten/kota. Kreasi membanggakan yang patut untuk diperkenalkan sebagai dunia pariwisata Riau berbasis budaya,” kata Gubernur Riau, Asyadjualiandi Rachman saat membuka pawai budaya tersebut.

Pawai budaya tersebut betemakan Riau go I.T yang bertujuan meningkatkan Kinerja Pemerintah terhadap Pelayanan Publik melalui penerapan Sistem Pemerintahan yang berbasis Teknologi Informasi. (ADV/Baim)

Kirim komentar Anda disini

Komentar