Senin , November 29 2021

Hakam : Dihari Sumpah Pemuda, Kobarkan Semangat Kebersamaan


 

buya-hakam-8

Kampar (DK) – Dalam memaknai hari sumpah pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 oktober setiap tahunnya, mari kita kobarkan semangat kebersamaan, baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, maupun bernegara. Demikian salah satu poin yang disampaikan Kepala Subbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar H Muhammad Hakam MAg, ketika dimintai tanggapannya seputar hari sumpah pemuda, hari jum’at (28/10) diruang kerjanya.

Hakam menyampaikan, hari Sumpah Pemuda merupakan sebuah ikrar suci para pemuda-pemuda dari seluruh daerah Indonesia. Sebuah sumpah yang sakral dalam membangun landasan utama untuk gerakan kebangkitan Nasional para pemuda-pemuda Indonesia. Sumpah pemuda telah menjadi semangat yang terpatri dalam hati sanubari para pemuda-pemuda Indonesia pada saat itu. Karena sumpah itu telah dibuat atas kesamaan nasib sepenanggungan dan cita-cita yang sama. Cita-cita bangsa Indonesia.

Sumpah pemuda ini mengandung arti dan makna yang sangat dalam yang mampu menggerakkan seluruh bangsa Indonesia. Makna sumpah pemuda ini terwujud dalam segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga, dengan akhirnya sumpah pemuda ini dijadikan sebagai sebuah titik untuk mempersatukan seluruh bangsa Indonesia.Maka, disinilah pusat permulaan perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kembali tanah air Indonesia. Dengan semangat para pemuda-pemuda dan persatuan seluruh bangsa Indonesia, ungkap Hakam.

Kemudian Dalam memperingati hari Sumpah Pemuda ini, jangan hanya mengingat dan membaca kembali Teks Sumpah Pemuda. Tetapi dengan memahami makna yang terkandung dalam isi Sumpah Pemuda tersebut dan menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sehingga dengan demikian, tidak akan ada rasa untuk menang sendiri atas satu golongan, suku, atau ras tertentu dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dan untuk menerapknnya bukan hanya satu elemen saja, tetapi seluruh elemen memberikan konstribusinya dalam menerapkan makna Sumpah Pemuda yang merupakan pedoman kebangkitan Nasional dalam kebersamaan seluruh elemen bangsa Indonesia, tegas Hakam.

Selamat hari Sumpah Pemuda, Semoga Allah meridhai perjalanan Negara dan bangsa kita, dan Mari terus kita Kobarkan semangat kebersamaan untuk Indonesia Raya…!!, pungkas Hakam. (dir)

Kirim komentar Anda disini

Komentar