Selasa , Oktober 19 2021

HUT Kampar Ke-66 Momentum Untuk Bangkit dan Berlari

Ketua DPD PKS KamparSejatinya setiap momentum itu harus dimanfaatkan untuk melakukan dua hal sekaligus, pertama evaluasi masa lalu, kedua; proyeksi untuk masa depan. Terkait hal pertama, tidak bisa dipungkiri Kampar diusianya yang sudah ke-66 masih belum terlihat progres yang  signifikan. Terutama dalam aspek pendidikan, ekonomi dan infrastruktur. Apalagi jika dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten lain di Indonesia.

Cukuplah raungan sebahagian masyarakat Kampar Kiri Hulu mewakili apa yang dimaksudkan, buruknya infrastruktur membuat mereka terpuruk dalam banyak hal, termasuk untuk urusan perut. Dititik inilah pemimpin dan masyarakat Kampar patut merenung, sampai kapan negeri ini akan seperti ini. Menunjuk batang hidung pribadi tertentu untuk dipersalahkan bukanlah cara bijak, lebih baik dan lebih tepat jika mau berbenah bersama-sama.

Kedua, Proyeksi masa depan kampar. Jika ingin kampar kedepan lebih maju, maka semua ide-ide bernas dari anak negeri, mesti ditelurkan dan diapresiasi serta dieksekusi. Tak peduli datangnya dari kelompok manapun. Untuk memfilternya cukup mengacu kepada nilai-nilai dan budaya masyarakat kampar itu sendiri. Jika sesuai lanjutkan.

Salah satu hal menarik perlu untuk dicermati adalah mempertajam atau membranding kembali kabupaten kampar, dimana dengan brand yang lebih tajam diharapkan nantinya menghasilkan multi efek bagi pembangunan. Semua potensi unik Kabupaten Kampar adalah diibaratkan sebuah produk yang punya “daya jual” jika dibranding dengan baik.

Sebagai contoh, pesona Islamic Center Kabupaten Rohul mampu menarik pengunjung dari luar, cukup fantastis menembus angka 10.000 pengunjung diawal tahun 2016. Jumlah pengunjung yang massif ini tentu memiliki efek ke sektor lainnya terutama sektor ekonomi. Untuk Kampar sudah berkembang wacana sebagai tempat wisata syariah, ada banyak potensi alam yang bisa dimanfaatkan. Ini adalah salah satu alternatif brand baru, apalagi selaras dengan denyut nafas budaya Kampar. Karena efektifitas pembangunan itu akan terwujud jika konsepnya terintegrasi dengan nilai-nilai tempatan.

Momentum HUT Kampar Ke-66 juga akan disambut dengan Tahapan Pemilukada. Auranya sudah terasa, dalam perspektif diatas, mudah-mudah semua tersadarkan bahwa Kampar harus berubah.

Dibututuhkan sosok pemimpin yang memiliki integritas kepribadian. Dengan brand baru dan pemimpin baru, Kampar InsyaAllah mampu bangkit dan berlari menuju kemajuan.

Selamat HUT ke-66 Kabupaten Kampar. Semoga Berjaya.

 

Oleh Tamarudin,S.Pd.I

(Tokoh Masyarakat Kampar)

Kirim komentar Anda disini

Komentar