INFRASTRUKTUR PENDUKUNG RIAU MENYAPA DUNIA

riau-adv-pemprov3
Ket: Foto humas/net

PEKANBARU– Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau merilis sebuah konsep pembangunan yang bernama “Riau Menyapa Dunia” yang bertujuan untuk mempromosikan keindahan provinsi Riau ke kancah nasional maupun internasional dengan tajuk destinasi pariwisata berbasis budaya.

Kebijakan pengembangan sektor pariwisata dapat  bersentuhan langsung dalam menopang perekonomian masyarakat di tengah perlambatan ekonomi akibat melemahnya dua komoditas andalan Riau yakni perkebunan dan migas. Hal ini juga berdampak pada berkurangnya  Dana Bagi Hasil (DBH)  dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Komitmen Pemrov Riau kembali terlihat dengan merilis Riau Menyapa Dunia yang menggandeng sejumlah pemangku kepentingan bahkan Kementerian Pariwisata RI turut berupaya mempromosikan.

Untuk itu upaya pengembangan sektor pariwisata menggandeng semua profesi dapat saling bahu membahu dalam menjawab tantangan tersebut kedepan. Dengan meningkatkan produktifitas daya saing masyarakat, sehingga potensi pariwisata dapat dilirik oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Launching Kalender Riau Menyapa Dunia

Ket: Gubernur Riau dan Menteri Pariwisata launching kalender pariwisata Riau/net
Ket: Gubernur Riau dan Menteri Pariwisata launching kalender pariwisata Riau/net

Dalam rangka mempromosikan pariwisata di Riau, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) pemerintah provinsi (pemprov) Riau menggelar peluncuran (launching) kalender pariwisata Riau yang dilaksanakan di Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona Kementrian Pariwisata, pukul 18.00 WIB, jum’at (27/6/2016).

 

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pemprov Riau Fahmizal Usman mengatakan, tema yang dipilih dalam kegiatan peluncuran tersebut adalah “Riau Menyapa Dunia”, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan promosi pariwisata Riau ditingkat nasional dan internasional, dengan menghadirkan media nasional serta Internasional, para duta besar, asosiasi dan airlines. Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Menteri Pariwisata Arief Yahya beserta para tamu undangan lainnya.

 

Fahmi juga mengajak kepada segenap masyarakat Riau untuk membuat hastag #riaumenyapadunia disemua media sosial internet secara serentak pada hari jum’at (27/5/2016) lalu.

Ket: Surfing Bono pariwisata Riau/net
Ket: Surfing Bono pariwisata Riau/net

Riau juga memiliki beberapa event wisata yang menarik untuk dikunjungi diantaranya Bekudo Bono (Surfing Bono), Bakar Tongkang, Pacu Jalur, Tour Se Siak, Gema Muharram dan Pekanbaru 10K.

Bono adalah gelombang besar yang menghulu kedalam sungai Kampar adalah salah satu yang terbaik di dunia. Di gelombang Bono para Surfer dapat berselancar 2 jam (30 km), tinggi gelombang dapat mencapai 4-6 meter, memiliki banyak puncak gelombang bergulung  (wave barrel) yang tidak dijumpai di daerah lain yang dikenal dikalangan surfer  sebagai  “The Seven Ghost”.

Daftar Lengkap nama objek Tempat Wisata yang berada di propinsi riau adalah sebagai berikut (@riaumenyapadunia):
1. Alam Mayang
2. Mal SKA
3. Danau Limbungan
4. Bandar Serai
5. Kubang Zoo
6. Pasar Bawah
7. Stanum
8. Masjid Jami’ Air Tiris
9. Pacu Jalur
10. Air Terjun Guruh Gemurai
11. Air Terjun Batangkuban
12. Candi Muara Takus
13. Istana Siak
14. Taman Nasional Tesso Nilo
15. Taman Nasional Bukit Tigapuluh
16. Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit batu
17. Istana Kesultanan Pelalawan
18. Kepulauan Arwah
19. Tugu Khatulistiwa Pangkalan Kuras
20. Istana Kesultanan Indragiri
21. Bakar Tongkang
22. Bono Sungai Kampar
23. Air Terjun Aek Marua
24. Benteng Tujuh Lapis
25. Pantai Selatbaru Bengkalis
26. Pantai Rupat Utara
27. Masjid An-Nur Pekanbaru

Provinsi Riau memiliki bermacam-macam pariwisata alam seperti Air Terjun diantaranya yaitu (@riaumenyapadunia):
1. Air Terjun 86 – Indragiri Hilir
2. Air Terjun Aek Martua – Rokan Hulu
3. Air Terjun Alahan – Kampar
4. Air Terjun Delapan Tingkat (Lembah Gemuruh)
5. Air Terjun Granit – Indragiri Hulu
6. Air Terjun Guruh Gemurai – Kuantan Singingi
7. Air Terjun Merangin – Kampar
8. Air Terjun Pangkalan Kapas – Kampar
9. Air Terjun Tembulun Rusa – Indragiri Hilir
10. Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban – Kuantan Singingi

Berikut Event-event Tahunan yg ada di Riau (@riaumenyapadunia):

  1. Pacu Jalur Kuansing
    2. Festival Bakudo Bono Pelalawan
    3. Tour de Siak
    4. Pacu Jalur Kuansing
    5. Bakar Tongkang
    6. Gema Muaharam Indragiri Hilir
    7. Riau Marathon.

 Infrastruktur Riau Menyapa Dunia

riau-adv-pemprov1
Ket: acara Focus Group Discussion media massa “Riau Menyapa Dunia”/net

Salah satu infrastruktur Riau Menyapa Dunia adalah Media Massa. Pemerintah provinsi Riau menjadikan sebagai urat nadi untuk penyebaran informasi ke kancah nasional maupun internasional, dengan tajuk destinasi pariwisata berbasis budaya.

Hal tersebut disampaikan Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Riau, Kasiaruddin dalam sambutannya pada acara Focus Group Discussion media massa “Riau Menyapa Dunia” di Hotel Furaya, Kota Pekanbaru, Kamis.

“Riau dialiri oleh empat sungai besar, beragam etnis dan budaya yang hadir menjadi magnet tersendiri bagi destinasi wisata setempat, namun potensi tersebut belum tergali secara maksimal. Sehingga peran media sangat besar dalam penyebaran informasi,” kata Kasiaruddin.

“Memang potensi kita tidak sebagus daerah lainnya. Namun selain sumber daya alam, potensi yang sangat baik ditonjolkan adalah budaya kita,” katanya.

Hadir ditempat yang sama, Staf Ahli Kementerian Pariwisata RI, Don Kardono. Melalui kesempatan tersebut Kasiaruddin meminta dukungan dari pemerintah pusat terkait tambahan dukungan infratruktur.

“Tentu ada keterbatasan seperti minimnya infrastruktur, sehingga melalui Kemenpar kita minta bantuan dalam pengembangan pariwisata ini,” katanya.

Terselenggaranya kegiatan ini dipromotori oleh Biro Humas SetdaProv Riau dengan maksud untuk menyamakan persepsi, menghimpun masukan dalam mengembangkan potensi pariwisata di Bumi Melayu itu.

Sebagai informasi,Pemprov Riau sangat serius dalam mewujudkan visi 2020 dengan tagline “The Homeland of Melayu” yaitu menjadikan kawasan setempat destinasi pariwisata berbasis Budaya Melayu di Asia Tenggara sebagai lokomotif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat. (adv/hms)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Bupati Kampar Tandatangani MoU  Optimalisasi Penerimaan Pajak Pusat Dan Daerah

PEKANBARU,DETAKKAMPAR.CO.ID -Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto bersama Gubernur dan Bupati/Walikota Se-Provinsi Riau melakukan penandatanganan MoU ...