Jumat , 25 September 2020

Ini Cara Mahasiswa UNRI Kukerta Relawan Desa Memutus Matarantai Penyebaran Covid-19

PASAMAN -:Mahasiswa Kukerta Relawan Desa dalam memutus mata rantai penyebaran dan Lawan Covid-19 khususnya di daerah Nagari Persiapan Aia Manggih Utara, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman.

Pada kegiatan tersebut, Mahasiswa melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka melawan wabah covid-19 di masa pandemi yang dilaksanakan sejak tanggal 4 Mei 2020.

Hal ini disampaikan Mahasiswa Kukerta di Nagari Persiapan Aia Manggih Utara Gian Juliano, disampaikannya bahwa sampai saat ini sudah dijalankan beberapa kegiatan diantaranya yaitu penyemprotan disinfektan ditempat-tempat umum.

“kita lakukan penyemprotan di kawasanan nagari Persiapan Aia Manggih Utara, pembagian masker kepada masyarakat, penyaluran bantuan sembako, pembagian makanan untuk berbuka puasa bagi masyarakat kurang mampu terdampak wabah covid-19”, ujarnya.

Lebih lanjut, kegiatan tersebut juga dilakukan patroli dikawasan untuk memastikan tidak ada kerumunan banyak orang, penyediaan sabun dan tempat cuci tangan umum serta kegiatan jaga posko covid-19.

“Adapun kegiatan yang baru-baru ini dilakukan adalah memberikan edukasi kemasyarakat melalui kegiatan pembagian brosur/pamflet mengenai apa itu virus corona, gejala terinfeksi, serta bagaimana upaya yang harus dilakukan agar terhindar dari infeksi virus tersebut,” imbuhnya.

Selain itu, juga dilakukan penyemprotan ulang disinfektan bersama relawan covid-19 Nagari Persiapan Aia Manggih Utara pada hari Jumat, tanggal 15 Mei 2020. Penyemprotan disinfektan merupakan salah satu instruksi dari WHO (World Health Organisation) sebagai salah satu langkah yang bisa diterapkan untuk mencegah penyebaran virus corona di tengah-tengah masyarakat.

Dikatakannya bahwa Pemerintah desa Nagari Persiapan Aia Manggih Utara menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus corona, dengan cara diantaranya yaitu selalu menjalankan gerakan masyarakat hidup sehat, makan makanan bergizi, istirahat dan olahraga yang cukup, selalu menggunakan masker saat keluar rumah, baik bagi orang yang sakit ataupun yang sehat.

“Serta kepada setiap masyarakat agar melaporkan jika ada warga yang baru melakukan perjalanan jauh kepada bidan desa ataupun pihak-pihak kesehatan lainnya,” Himbaunya.

Disisi lain, Wali Nagari Persiapan Aia Manggih Utara, Ira Dewi, SH saat diwawancara oleh mahasiswa kukerta menyampaikan bahwa dalam menyambut positif keberadaan mahasiswa kukerta di wilayahnya. Hal ini dinilai turut berperan serta membantu pemerintah desa untuk menekan penyebaran virus corona di tengah-tengah masyarakat,”tutupnya.

(Gian)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Memanfaatkan Perkarangan Rumah,Tim Kukerta Unri 2020 Adakan Kegiatan Penanaman Bibit Buah di Desa Tanah Merah

SiAK HULU – Kegiatan ini merupakan program kerja pendukung dari ketahanan pangan guna memanfaatkan lahan ...