Selasa , 2 Juni 2020

Ini Cara Tim Record Swaggers KUKERTA Relawan Covid-19 UNRI Edukasi Masyarakat

BANGKINANG – Helvika Rismawati Bersama rekannya Istiana Hayati dan Rizka Arrahma Apriliya merupakan anggota dari Tim Record Swaggers, Relawan KUKERTA COVID-19 UNRI.

Kukerta Relawan COVID-19 ini merupakan bentuk kukerta tematik Lembaga Penelitian Dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Riau. Dalam pelaksanaannya mahasiswa FK UNRI juga tergabung sebagai relawan COVID-19 FK UNRI

“Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau dalam Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Ini membentuk suatu tim untuk memberikan edukasi secara online kepada masyarakat, agar masyarakat tahu bagaimana mengidentifikasi gejala, penanganan secara mandiri pada ODP, serta pencegahan COVID-19 yang menjadi pandemi saat ini,” terang Helvika kepada Detak Kampar Selasa (12/5/2020).

Helvika Rismawati yang menjadi ketua dari sebuah tim yang bernama Record Swaggers memiliki 2 orang anggota, diantaranya Istiana Hayati dan Rizka Arrahma Apriliya. Tim ini telah melakukan berbagai kegiatan, salah satunya membuat suatu virtual community untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama mahasiswa / mahasiswi non medis.

Mahasiswa / mahasiswi yang bergabung dalam virtual community tersebut diharapkan dapat memahami dan menyebarkan informasi – informasi terkait COVID-19 yang valid dan tentunya dari sumber – sumber yang sahih.

“Edukasi diberikan melalui Video Call via WhatsApp secara bergantian oleh tim record swaggers kepada anggota grup berupa penjelasan dari materi Powerpoint yang sudah dibagikan sebelum dimulainya Video Call,” jelasnya.

Media edukasi lain yang digunakan berupa E-Poster mengenai identifikasi gejala COVID-19, perbedaan OTG, ODP, PDP, KONFIRMASI, dan langkah pencegahan COVID-19
Selain itu, video edukasi juga telah dipublikasikan di berbagai media sosial seperti youtobe dalam kanal Record Swaggers.

Video tersebut membahas antara lain penanganan pada ODP sesuai protokol kesehatan serta cara membuat masker kain standar CDC.

Penyampaian materi edukasi dan beberapa kegiatan lainnya juga dipublikasikan dalam blog recordswaggers.blogspot.com

“Kegiatan kukerta tidak hanya dilakukan secara online, ada juga kegiatan lain yang dilakukan secara offline, yaitu menjaga posko relawan COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Di posko relawan tersebut, tim menerima donasi dari berbagai pihak berupa alat pelindung diri (APD) dan lainnya untuk membantu tenaga medis yang menjalankan tugasnya di Rumah Sakit yang ada di Pekanbaru, Riau,” tambahnya.

Kegiatan Tim Relawan Record Swaggers dibimbing oleh Instruktur dari dosen FK UNRI yaitu, Rahmat Azhari Kemal, M.Si. dan Dosen Pembimbing Lapangan dari LPPM UNRI yaitu , Dr. Sri Endang Kornita, SE, M.Si.

“Tim Relawan Record Swaggers berharap kegiatan kukerta ini dapat berkontribusi pada penurunan rantai penularan COVID-19 melalui meningkatnya pemahaman masyarakat tentang wabah ini,” tutupnya.

 

(Helvika)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Mahasiswa Kukerta Kerelawanan Wabah Covid-19 UNRI Berikan Edukasi tentang Covid-19 melalui Virtual Community

PEKANBARU – Kukerta UNRI 2020 ini dilakukan dengan cara berbeda, menyikapi kebutuhan masyarakat saat ini ...