Sabtu , Desember 4 2021

Kakan Kemenag Kampar : Jaga Kerukunan Umat Beragama

unnamed (8)

Detakkampar.co.id BANGKINANG  – Mari Kita jaga kerukunan antar umat beragama. Demikian salah satu poin yang disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar Drs H Fairus MA, dalam arahannya saat membuka acara Orientasi Pembinaan Kerukunan Umat Beragama dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar tahun 2016, sekaligus juga menjadi Narasumber, hari senin (29/08), di Hotel Bangkinang Baru.

Fairus mengatakan, Kerukunan umat beragama ini merupakan salah satu agenda strategis sebagai fondasi ideal meletakkan segenap upaya bersama mewujudkan cita-cita berbangsa dan bernegara. Tanpa kerukunan yang terjalin baik, maka berbagai program pembangunan bangsa akan menemui jalan buntu. Pada tataran inilah kerukunan umat beragama harus diupayakan bersama oleh segenap elemen bangsa yang sadar akan pentingya pembagunan karakter dan budaya rukun.

Berbagai program Kementerian Agama baik di pusat maupun daerah terkait kerukunan dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan hasil yang cukup baik. Indikator yang dapat digunakan misalnya semakin berkurangnya berbagai konflik bernuansa agama di berbagai daerah dan semakin berkembangnya geliat pendidikan multikultural di berbagai tingkat dan jenjang pendidikan sebagai jembatan emas menuju kerukunan. Tentu hal ini juga merupakan hasil akumulasi kehendak mulia dan karya kolektif dari berbagai pihak yang mendukung dan peduli dengan kerukunan, ujar Fairus.

Manusia ditakdirkan Allah Sebagai makhluk social yang membutuhkan hubungan dan interaksi sosial dengan sesama manusia. Sebagai makhluk social, manusia memerlukan kerja sama dengan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik kebutuhan material maupun spiritual.

Ajaran Islam menganjurkan manusia untuk bekerja sama dan tolong menolong (ta’awun) dengan sesama manusia dalam hal kebaikan. Dalam kehidupan sosial kemasyarakatan umat Islam dapat berhubungan dengan siapa saja tanpa batasan ras, bangsa, dan agama. Oleh karena itu, untuk menciptakan kondisi yang aman, damai dan sejahtera, mari kita terus jaga keharmonisan hubungan antar umat beragama agar konflik-konflik yang terjadi bisa kita minimalisi dan kita atasi dengan bijaksana. (dir)

Kirim komentar Anda disini

Komentar