Minggu , Desember 5 2021

Kapal Raksasa Amerika Tinggalkan Indonesia

misi-rampung-kapal-raksasa-as-tinggalkan-indonesiaPADANG – Kapal rumah sakit raksasa Amerika Serikat (AS) USNS Mercy yang telah dua pekan berlabuh di Padang, Provinsi Sumatera Barat dalam rangka kegiatan Pacific Partnership 2016 telah merampungkan misi nya dan kembali berlayar meninggalkan Indonesia.

Para personil kapal USNS Mercy bersama dengan mitra di Indonesia melakukan berbagai latihan tanggap bencana, bantuan kemanusiaan, berbagi pengalaman antarpakar medis dan teknis, melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, serta melakukan bakti sosial.

Letnan Kolonel Andrew Rice dari AL AS selaku Kepala Perencana Bantuan Kemanusiaan Tanggap Bencana di Pacific Partnership tahun ini menuturkan, tujuan utama dari latihan di Padang adalah untuk membangun daya tahan terhadap dampak ketika wilayah Indonesia terkena bencana.

“Menguji prosedur operasi standar serta berlatih komando dan koordinasi dalam simulasi bencana, memungkinkan kita untuk menelaah celah dan kekurangan sebelum kita dihadapkan pada situasi yang sesungguhnya,” ujar Rice, Rabu (31/8/2016).

Sebelum ke Indonesia, kapal rumah sakit raksasa AS itu sempat berlabuh di Timor Leste, Filipina, Vietnam, Palau dan Malaysia. Saat ini kapal tersebut tengah kembali berlayar di lautan luas untuk kembali ke pangkalannya di San Diego.***

Kirim komentar Anda disini

Komentar