Minggu , 8 Desember 2019

Karena Keindahannya, Green Canyon Kampar Berpotensi Mendunia

gulamo3

Keindahan alam Kabupaten Kampar ternyata menyimpan banyak sisi lain yang belum diketahui dan terkspose keluar. Kabupaten Kampar tidak hanya unggul dalam sektor perkebunan seperti yang dikenal selama ini, tapi juga memiliki potensi alam yang sangat indah. Keindahan alam Kabupaten Kampar sudah sangat terkenal dikalangan pecinta alam, baik lokal, nasional bahkan internasional.

Salah satu keindahan alam Kabupaten Kampar yang saat ini berhasil menarik banyak orang untuk mendatanginya adalah Grand Canyon Sungai Gulamo. Ya, Kampar ternyata memiliki Grand Canyon, keindahannya sungguh luar biasa.

“Ini bener bener kepingan surga yang tersembunyi,  keren banget”, ungkap Rahmad, seorang wisatawan asal Provinsi Jambi dengan kagumnya usai mengikuti kegiatan Trip Gulamo’s River Adventure yang diadakan oleh Jelajah Wisata Kampar (JWK) beberapa waktu lalu.

Green Canyon Sungai Gulamo terhampar di kaki deretan Bukit Barisan di Kabupaten Kampar, tepatnya di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar. Untuk sampai ketempat ini, wisatawan bisa menempuh perjalanan dari Kota Pekanbaru menuju jembatan satu (pertama) di Desa Tanjung Alai. Waktu tempuhnya diperkirakan dua jam perjalanan. Selanjutnya dari jembatan satu, perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu motor kayu. Perahu itu memiliki kapasitas penumpang maksimal 9 orang.

gulamo2

Waktu dibutuhkan selama perjalanan di atas perahu motor sekitar satu jam. Di perjalanan ini, pengunjung melihat suasana Danau Waduk PLTA Koto Panjang dan aktivitas para petani keramba ikan yang sedang bekerja dan para pencari ikan di sekitarnya. Setelah puas menikmati indahnya Danau Waduk PLTA Koto Panjang, perahu motor kayu memasuki kawasan Sungai Gulamo.

Sungai Gulamo membelah batu-batu cadas nan keras, dengan air mengalir tenang dan bewarna hijau. Disepanjang sungai, juga terdapat beberapa Air Terjun yang sangat indah dan membuat wisatawan betah berlama- lama disana.  Itulah kenapa sungai Gulamo begitu cepat terkenal dikalangan para pecinta wisata alam.

“Di sepanjang Sungai Gulamo sedikitnya ada tiga air terjun yang akan kita temui, tinggi air terjun bervariasi, mulai dari tiga sampai lima meter,” terang Budi (43) anggota kelompok sadar wisata Desa Tanjung Alai menjelaskan potensi wisata Sungai Gulamo.

air terjun gulamo

Menurut pengunjung yang datang dan melihat indahnya Sungai Gulamo, pemandangan hijaunya bantaran Sungai Gulamo yang membelah ngarai dan tebing terjal menyerupai Cukang Teneuh, “jembatan tanah” atau Green Canyon di Jawa Barat. Bahkan ada yang mengatakan hampir juga menyerupai dengan Grand Canyon Sungai Colorado di utara Arizona Amerika Serikat.

Ternyata Sungai Gulamo bukanlah satu- satunya Grand Canyon yang ada di Kabupaten Kampar. Grand Canyon Kampar yang terlebih dahulu ditemukan terdapat di Kecamatan Koto Kampar Hulu, di hulu Sungai Kampar. Sungai yang membelah tebing- tebing tinggi ini dikenal dengan Sungai Kopu. Sungainya lebih dalam dan arus sedikit lebih kencang dibanding dari Sungai Gulamo. Sungai Kopu langsung bermuara ke Sungai Kampar.

Untuk sampai ketempat ini juga tidaklah terlalu sulit, dari Kantor Camat Koto Kampar Hulu, yang terletak didekat pantai Sungai Kampar, para wisatawan bisa langsung menghubungi pemilik sampan yang juga pemilik kedai nasi mandi angin untuk mengantar ke Grand Canyon Sungai Kopu.

Sekitar tujuh menit mengarungi Sungai Kampar, kita akan sampai ke ujung Sungai Kopu, dan sekitar lima menit setelah itu kita akan mulai merasakan hawa sejuk udara yang dingin sambil melihat air- air yang menetes dan mengalir kecil disela- sela tebing bebatuan yang memiliki ketinggian tujuh sampai 10 meter disepanjang Sungai Kopu.

sungai kopu

Sungguh keindahan alam yang luar biasa. Setiap orang yang datang ketempat ini tidak dapat menyembuyikan takjub dan kepuasannya akan keindahan alam yang diciptakan tuhan. Disini, para pengunjung bisa melihat batu- batuan besar yang telah diberi nama, seperti batu kapal, batu katak dan lainnya. Para pengunjung juga akan ditunjukkan dua air terjun indah yang ada di tebing Sungai Kopu, yaitu air terjun Batang Hidung dan air terjun “ladiong” (parang).

Karena keindahannya, Grand Canyon Sungai Kopu tidak hanya menarik para wisatawan pecinta alam, tapi juga membuat Gubernur Riau, H Arsyadjuliandy Rachman bersama rombongan pejabat Provinsi Riau datang ketempat tersebut. Ditempat ini, Gubernur dibuat tertakjub- takjub dan berjanji akan membantu promosi melalui Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

“Air terjun Sungai Kopu merupakan salah satu wisata di Riau yang memberikan nuansa baru bagi para pecinta alam. Tidak hanya bisa menikmati derasnya air dari tebing bebatuan yang tinggi, di sini para pengunjung juga bisa sembari merasakan kesejukan hutan dengan menyusuri sungai,” ungkap Gubernur.

Sungai Kopu dan Sungai Gulamo adalah keindahan alam Kabupaten Kampar yang luar biasa. Meski tersembunyi, siapapun dijamin tidak bisa menyembunyikan rasa takjub melihat panorama alam kedua sungai tersebut. Seperti kata setiap orang yang berkunjung ketempat ini, “Ini adalah Potensi Kabupaten Kampar yang bukan hanya berkelas lokal tapi sudah bisa mendunia,”. (Advetorial)

gulamo

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Anggota DPRD Siak Nelson Manalu Adakan Reses Perdana

SIAK, DETAKKAMPAR.CO.ID – Usai dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Siak Riau dari Partai Hanura periode ...