Selasa , November 30 2021

Ketua KPU Kampar Hadiri Pertemuan Dengan GAKUMDU

img-20160908-wa0011Detakkampar.co.id BANGKINANG KOTA – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017 se-Indonesia sudah di mulai, begitu juga dengan Kampar. Oleh karena itu Panwas,Polres dan Kejari harus bisa bersinergi untuk mengantisipasi setiap pelanggaran yang terjadi untuk itu ketiga lembaga ini melakukan pertemuan di Mapolres Kampar Kamis pagi 8/9.

Turut hadir dalam pertemuan itu Kapolres Kabupaten Kampar Edy Sumardi Priadinata, SIK, 3 Komisioner Panwas beserta asistensi dan staf, kejari kampar yang diwakili oleh Kasi Pidum dan beberapa orang jajaran, serta hadir juga Dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar ketua KPU Yatarullah dan unsur komisioner KPU lainnya juga tampak hadir.

“Pertemuan tadi pagi adalah program kerja sama dan penyatuan persepsi dalam melaksanakan Pilkada kampar 2017, yakni kita berbagai lembaga ini memiliki komitmen bersama,” ungkap Martunus Ketua Panwas Kab.Kampar.

Hasil dari pertemuan itu telah disepakati akan membentuk Pokja gakkumdu personilnya terdiri dari ketua dari Panwas 1 orang dan dari polres kampar 1 orang dari kejaksaan negeri Bangkinang 1 orang.

1 orang sekretariat dari Panwas dan dibantu oleh 6 anggota, 2 dari Polres kampar, 2 dari Kejari, 2 Panwas Kab Kampar. “Pokja gakkumdu bekerja 9 bulan dan mereka bertugas memproses dugaan pelanggaran Pidana pemilihan,” tambah Martunus

“Di gabungkannya 3 lembaga ini agar proses tindak Pidana lebih cepat, untuk itu Panwaslu dibantu oleh 2 lembaga ini yakni polres dan kejari,” imbuh Martunus.

Ia melanjutkan Hal ini dilakukan 3 lemabaga itu untuk menghindari jangan sampai terbangun stigma negatif baik untuk KPU maupun Panwas Kabupaten Kampar itu sendiri.

Komitmen itu juga menghasilkan kesepakatan bersama untuk mencegah pelanggaran pemilu dari mengedepankan unsur tindakan. “Dengan adanya komitmen ini kita berharap agar pelanggaran dapat diminimalisir dan di hilangkan.

Mengenai nama Pokja Gakkumdu martunus menyebutkan akan mengirimkan nama-nama besok pagi ke Polres kampar dan Kejari ,” pungkasnya. (DK)

Kirim komentar Anda disini

Komentar