Jumat , 6 Desember 2019

Kodim 0313/KPR Bersama DaOps Pekanbaru Manggala Agni Kampanye Karhutla

Kampar, Riau|DETAKKAMPAR.CO.ID –
TMMD ke 105 Kodim 0313/KPR di Desa Balung Kecamatan XIII Koto Kampar sedang dilaksanakan dalam bentuk Operasi Karya Bhakti, sasaran nya Fisik maupun Non Fisik, sasaran Fisik berupa pembukaan jalan dan jembatan yang menghubungkan Desa Balung dengan Dusun V Sei Asam Sepanjang 8,5 Km, ini mempunyai tantangan tersendiri dalam pengerjaan nya.

Sedang Non Fisik Kodim 0313/ KPR melakukan penyuluhan- penyuluhan diantaranya penyuluhan Kebakaran.
Kali ini (16/07/2019), Kodim 0313/KPR melakukan Kampanye Karlahut bekerja sama dengan Manggala Agni DAOPS Pekanbaru di Aula Desa Kota Garo Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar.
Acara ini dihadiri oleh Kepala Daops Manggala Agni Pekanbaru, Edwin .

“sinergitas Manggala Agni dengan Kodim 0313/ KPR sejajaran yang sedang melaksanakan Giat TMMD ke 105 dapat berjalan dengan baik tanpa ada hambatan sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” harap Danramil Tapung.

“Sebab, Kebakaran hutan dan lahan dapat menjadi kendala karena memunculkan asap yang apabila ada angin asap ini dapat menyebar ke wilayah lain termasuk wilayah dimana pelaksanaan TMMD dilaksanakan.” ujar Kapten.Inf.Taufik Sihombing.

Sebagai antisipasinya, Dandim 0313/ KPR telah membentuk Satgas Karlahut tingkat kodim yang telah dan memberikan perintah untuk mengutamakan Pencegahan dari pada Penanggulangan.

Melalui Kampanye Sosialisasi dan Patroli serta mencoba merubah paradigma petani yang lebih senang Budi daya kebun sawit.

Dicoba di ubah dengan memperkenalkan budi daya tanaman lain seperti tanaman Porang, dimana tanaman Porang tidak perlu merusak hutan yang ada, karena tanaman Porang dapat di tanam di tengah-tengah pohon yang besar, dan hasilnya sangat bernilai ekonomis.

Petunjuk ini diteruskan oleh Danramil 16/Tapung ke jajaran agar mensosialisasikannya dan mengecek ke wilayah binaan dan Posko-posko yang telah dibentuk diantaranya di Desa Kota Garo Kecamatan Tapung Hilir .

Koramil 16/ TPG telah membuat posko Satgas Karlahut di Kecamatan Tapung dan Kecamatan Tapung Hilir dengan menempatkan 20 orang personil TNI/Babinsa untuk dapat setiap saat melaksanakan tugas pencegahan maupun penangulangan karlahut bersinergi dengan instansi terkait seperti Polsek, Manggala Agni,Kepala Desa, MPA, RPK perusahaan terdekat dan masyarakat sekitar daerah kebakaran.

Disampaikan Taufik, “Upaya ini adalah untuk meniadakan titik api di wilayah kerja Koramil 16/ Tapung Khususnya dan Kodim 0313/KPR umumnya yang sedang melaksanakan TMMD ke 105 dengan Patroli dan sosialisasi maka kesuksesan TMMD ke 105 akan terwujud.” Pungkasnya.

 

(Tim Serter 16)
Publikasi : MHA

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Sukseskan TMMD, Babinsa Koramil 16/Tapung Sosialisasikan Ketahanan Pangan Ternak Ikan Lele

Tapung, DETAKKAMPAR.CO.ID – Bintara Pembina Desa (Babinsa) bukan hanya mampu memberikan materi kebangsaan namun Babinsa ...