Senin , November 29 2021

Konsultan Geolog Forensic Petakan Potensi Longsor di Desa Merangin Ini Hasilnya

PhotoGrid_1462112058348Detakkampar.co.id PEKANBARU – Konsultan Geosains menggelar rapat umum konsultan di hotel Dafam Pekanbaru, Minggu (1/5/2016).

Rapat dihadiri oleh GM dan Project Manager Geolog Forensic Batara, B.Sc (Hons), M.Sc, Multihadi, ST dan Adi Suryadi, B.Sc (Hons), M.Sc. Selain itu juga dihadiri oleh Teknik Geologi Universitas Islam Riau, Catur Cahyaningsih, B.Sc (Hons), M.Sc.

Dalam rapat tersebut disimpulkan bahwa kawasan jalan lintas Pekanbaru – Sumbar yang terletak di desa Merangin- Kuok memiliki tingkat longsor yang diklasifikasikan tinggi.

PhotoGrid_1462112349279Hal ini ditunjukkan dengan keadaan jalan aspal, dimana banyak terdapat retakan dan selalu ditampal terus-menerus untuk menutupi retakan kecil yang dalam istilah disebut geoteknik atau “realict tar”.

“Kesimpulan ini dihasilkan setelah kita melakukan survey langsung ke lapangan geobencana di Jalan Lintas Rantau Berangin, Kecamatan Kuok, Kamis (28/4/2016) lalu,” ujar Catur Cahyaningsih.

Lebih lanjut ia menenrangkan, kondisi lereng bukit yang didesain memiliki sudut kemiringan lebih dari 80 derjat juga memberikan ancaman yang besar kepada pemakai jalan lintas tersebut.

“Kondisi lereng seperti ini sangat tidak mengikuti standar keselamatan. Ini sudah dibahas dan dianggap crusial. Dalam Rapat Umum Konsultan Geolog Forensic dibahas solusi yang tepat untuk kegiatan stabilisasi lereng potensi longsor,” tambahnya.

Multihadi selaku Project Manager Konsultan GeoLog Forensic menambahkan bahwa ia akan bersinergi dengan ahli geostruktur dan geobencana di Riau untuk memetakan dan meneliti kawasan potensi bencana longsor.

“Diantaranya dengan pak Adi Suryadi dan buk Catur Cahyaningsih. Saya sudah pernah survey tahun 2015 dikawasan tersebut. Memang kondisinya sangat poros dan mudah lolos air,” ungkapnya.

Disisi lain, Adi Suryadi dan Catur Cahyaningsih mengaku sangat mendukung kegiatan konsultan GeoLog Forensic yang peduli mengatasi permasalahan geologi kawasan Desa Merangin.

“Maju jaya untuk GeoLog Forensic dan Teknik Geologi Universitas Islam Riau dan teruslah berkontribusi positif untuk Riau”, tutup Catur Cahyaningsih.(dir)

 

Kirim komentar Anda disini

Komentar