Senin , 16 September 2019

KPU Kampar Expose Jadwal Tahapan Pilkada dan PKPU

detakkmpar.co.id BANGKINANG – Untuk mensosialisasikan kepada semua Stakeholder, peserta pemilu, pasangan calon dan masyarakat yang ada di Kampar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar melakukan expose peraturan KPU (PKPU) RI nomor  3 tahun 2016 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Kepala Daerah tahun 2017, di Kantor KPU Kabupaten Kampar Jl Tuanku Tambusai, Bangkinang Kota, Rabu (20/4).

“Dengan dikeluarkannya PKPU sudah menjadi payung hukum dalam menyelenggarakan pemilihan Kepala daerah Bupati dan  Wakil Bupati Kampar,” ujar Ketua KPU Kampar, Yatarullah

Dalam Expose yang dihadiri Forkopimda Kampar, ada beberapa tahapan penting yang disampaikan terutama terkait tahapan persiapan, penyelenggaraan dan penyelesaian.

“Terkait penyelenggaraan pengumuman penyerahan syarat dukungan, peserta perseorangan didahulukan dari pada partai politik pada Agustus 2016, untuk di verifikasi. Dan setiap dukungan untuk perseorangan dilengkapi bukti identitas kependudukan seperti Fotokopy KTP, KK atau Paspor,” terang Ketua KPU.

Dari keterangan Yatarullah, penetapan pasangan calon dilakukan tanggal 22 Oktober 2016, masa Kampanye dimulai 26 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017, pemungutan suara diadakan tanggal 15 Februari 2017.

“Dan kalau tidak ada sengketa tanggal 8 Maret 2017 Kampar sudah memiliki Bupati dan Wakil Bupati Baru,” tambahnya.

Dalam keterangannya anggaran pelaksanan Pilkada Kampar yang sudah dianggarkan 25 Milyar, dinilai masih kurang dan akan diusulkan pada APBD perubahan.

“Anggarannya Penyelenggaraan di KPU, anggaran pengawasan di Panwaslu dan Keamanan ada pada TNI dan Kepolisian,” jelasnya.

Ketua KPU juga berharap Stakeholder ikut berperan aktif dalam sosialisasi, penyuluhan dan bimbingan teknis.

“Peran serta Stakeholder, jujur kita tidak mungkin maksimal karena personil kita terbatas,” harapnya. (AA)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Satlantas Polres Kampar Gelar Acara Perpisahan Dengan Iptu Try Widyanto Fauzal

BANGKINANG, DETAKKAMPAR.CO.ID – Satlantas Polres Kampar menggelar acara perpisahan dengan Iptu Try Widyanto Fauzal,SIK Baur ...