Senin , 30 November 2020

Kukerta Relawan Covid-19 Fakultas Kedokteran UNRI 2020 Gencar Lakukan Edukasi Cegah Corona

PEKANBARU – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK Unri) yang terbentuk dalam Tim Kukerta Relawan Covid-19. Saat ini, sedang gencar melakukan edukasi dalam rangka pencegahan penularan Covid-19.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk sumbangsih mahasiswa, terhadap pengelolaan dan penanganan penyebaran wabah saat ini.  Bersama dengan  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau , kegiatan relawan ini, dijadikan  pengganti kukerta regular yang akan dijalankan oleh mahasiswa nantinya.

Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Tim Kukerta Relawan Covid-19 ini, adalah edukasi dalam bentuk daring, pembuatan media edukasi berupa poster maupun video edukasi, serta penjagaan posko relawan yang bertempat di Fakultas Kedokteran, Universitas Riau.

Salah satu tim yang tergabung dalam kukerta relawan ini adalah tim Atap Teduh yang tediri atas Fikri Roja Nasution bersama dua anggota lainnya, Mabel Hamonangan dan Riskananda Tiara Putri. Dalam menjalankan edukasinya, kelompok ini memilih target yaitu, mahasiswa non-medis.

“Edukasi yang kami berikan pada masyarakat target saat ini tentunya dilakukan online, Virtual Community, dalam bentuk diskusi grup terbuka yang kami lakukan menggunakan platform Whatsapp,” ujar Fikri Roja Nasution, ketua relawan Covid-19 Tim Atap Teduh Kamis(3/9).

“Virtual Community atau Komunitas Virtual merupakan sebuah grup sosial yang berisikan  target masyarakat dari tema Kukerta kami. Karena kami memilih mahasiswa non-medis sebagai target utamanya, maka, dalam grup tersebut mayoritas berisi mahasiswa non-medis.

Tapi,  tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat lain untuk bergabung dalam grup tersebut.” Sambungnya.

“Selain itu, kami juga lakukan penyebaran poster seperti protokol keluar maupun masuk rumah, dan tatacara apabila ingin berkendera menggunakan motor pada saat wabah, melalui media sosial, seperti, Facebook, Instagram, Line dan lainnya.” Sambungnya.
Media edukasi lainnya yang digunakan tim ini adalah video edukasi yang akan diupload ke youtube.
Kegiatan ini tentunya tidak terlepas dari bimbingan dari dosen Universitas Riau.

dr.Nurfi Pratiwi selaku Instruktur Relawan dari FK Unri dan Ibu Geovani Meiwanda, S.Sos, MPA selaku Dosen Pembimbing Lapangan dari LPPM UNRI. Semoga dengan adanya Kukerta relawan ini, dapat membantu dalam pengendalian wabah Covid-19 ini.

(*)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Sambut Hari Kemerdekaan RI ke-75, Mahasiswa Kukerta UNRI Bantu Persiapan Desa

RUMBIO JAYA – Jelang semarak HUT RI ke-75, Tim Pengabdian Kukerta UNRI bersama pihak Desa ...