Selasa , 2 Juni 2020

Kukerta Relawan Covid-19 LPPM UNRI dari Fakultas Kedokteran Berikan Edukasi Melalui Virtual Community

PEKANBARU – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK Unri) yang terbentuk dalam Tim Kukerta Relawan Covid-19. Saat ini, sedang gencar melakukan edukasi dalam rangka pencegahan penularan covid-19.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk sumbangsih mahasiswa, terhadap pengelolaan dan penanganan penyebaran wabah saat ini.

Bersama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau , kegiatan relawan ini, dijadikan pengganti kukerta regular yang akan dijalankan oleh mahasiswa nantinya.

Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Tim Kukerta Relawan Covid-19 ini, adalah edukasi dalam bentuk daring, pembuatan media edukasi berupa poster maupun video edukasi, serta penjagaan posko relawan yang bertempat di Fakultas Kedokteran, Universitas Riau.

Salah satu tim yang tergabung dalam kukerta relawan ini adalah tim Kickorona yang tediri atas Andhika Perwira bersama dua anggota lainnya, Luthfi Efryliano dan Ridho Zikri Alhamdi.

Dalam menjalankan edukasinya, kelompok ini memilih target yaitu, Ojol dan masyarakat yang terpaksa harus keluar rumah saat wabah. Pemilihan tersebut didasari oleh risiko yang tinggi para pekerja tersebut akan mendapat maupun menyebarkan covid.

“Edukasi yang kami berikan pada masyarakat target saat ini tentunya dilakukan online, Virtual Community, dalam bentuk diskusi grup terbuka yang kami lakukan menggunakan platform Whatsapp,” ujar Andhika Perwira, ketua relawan Covid-19 Tim Kickorona saat diwawancara daring pada Kamis (7/5/2020).

“Virtual Community atau Komunitas Virtual merupakan sebuah grup sosial yang berisikan target masyarakat dari tema Kukerta kami.

Karena kami memilih ojek online sebagai target utamanya, maka, dalam grup tersebut mayoritas berisi pengemudi ojek online.

Tapi, tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat lain untuk bergabung dalam grup tersebut, terlebih kepada para pekerja yang terpaksa harus tetap pergi keluar rumah.” sambungnya.

Kegiatan yang dilakukan dalam Virtual Community tersebut antara lain adalah edukasi seputar wabah covid-19. Edukasi dilakukan secara bertahap.

Terdapat sekitar 8 tema dan 10x pertemuan yang akan diberikan termasuk Pre-Test dan Post-Test untuk menguji pemahaman dari target. Beberapa tema yang disampaikan adalah Covid-19 dan penyebarannya,

Pencegahan Covid-19, Cara meningkatkan imunitas, Mencuci tangan, Protokol Keluar Rumah, Protokol Masuk Rumah, Pentingnya menjaga kesehatan mental dan Protokol isolasi mandiri.

“Selain itu, kami juga lakukan penyebaran poster seperti protokol keluar maupun masuk rumah, dan tatacara apabila ingin berkendera menggunakan motor pada saat wabah, melalui media sosial, seperti, Facebook, Instagram, Line dan lainnya.” yjarnya lagi.

Media edukasi lainnya yang digunakan tim ini adalah video edukasi yang akan diupload ke youtube. Akan tetapi,video saat ini sedang dalam tahap pengerjaan.

Nantinya diharapkan video edukasi ini dapat membuat masyarakat lebih waspada saat akan berpergian keluar rumah.

“Jadi tunggu saja tanggal rilis videonya. Hahaha” ujar Ridho, salah satu anggota Kickorona.
Seluruh materi dan poster kegiatan yang dilaksanakan oleh tim Kickorona ini, dapat diakses dan didownload oleh masyarakat secara luas, pada laman blogspot Kickorona.

Kickorona.blogspot.com
Kegiatan ini tentunya tidak terlepas dari bimbingan dari dosen Universitas Riau. Ibu Fifia Chandra, S.K.M, M.K.M selaku Instruktur Relawan dari FK Unri dan Ibu Geovani Meiwanda, S.Sos, MPA selaku Dosen Pembimbing Lapangan dari LPPM UNRI.

Semoga dengan adanya Kukerta relawan ini, dapat membantu dalam pengendalian wabah Covid-19 ini.

,(*)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Mahasiswa Kukerta Kerelawanan Wabah Covid-19 UNRI Berikan Edukasi tentang Covid-19 melalui Virtual Community

PEKANBARU – Kukerta UNRI 2020 ini dilakukan dengan cara berbeda, menyikapi kebutuhan masyarakat saat ini ...