Selasa , Oktober 26 2021

Mahasiswa Akper UNRI Lakukan Kegiatan Berbasis Kesehatan di Puskesmas Kelurahan Pesisir

PEKANBARU, DETAKKAMPAR.CO
ID -Dalam rangka kegiatan KUKERTA (kuliah kerja nyata) di kelurahan Pesisir mahasiswa keperawatan Universitas Riau program 2018 melakukan survei kegiatan di PUSTU/ Puskesmas Pembantu didaerah kelurahan Pesisir Kota Pekanbaru.

Mahasiswa Akper ini mendapatkan data dengan tingkat ISPA (infeksi saluran pernafasan atas) paling tinggi pada daerah tersebut di tahun 2018.oleh karena itu mereka langsung mendata dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana cara mengantisipasi agar ISPA bisa di tangani dan di cagah.

Dalam keseharian mahasiswa pada saat KUKERTA masyarakat didaerah tersebut dominan perokok aktif maka dari itu mahasiswa mendiskusikan bersama kelompok akan pentingnya penyuluhan tentang bahaya asap rokok supaya perokok aktif bisa lebih tau bahaya rokok bagi kesehatan masyarakat.

Selain itu Akper ini juga melakukan pemanfaatan lingkungan untuk penanaman TOGA (tanaman obat keluarga).

“”Sama-sama kita ketahui merokok itu tidak baik untuk kesehatan salah satu dari dampak negatif dari merokok adalah ISPA sepeti batuk, sakit tenggorokan, bahkan lebih parahnya bisa mengakibatkan kanker, oleh karena itu mahasiswa melakukan suatu kegiatan untuk berbagi ilmu/sharing kepada para staf lurah, RT, RW, kader dan masyarakat kelurahan pesisir kata salah seorang mahasiswa Wiwid Radika Asal Kampar ini.

Ditambahkannya, dengan melakukan penyuluhan tesebut kedepan banyak ilmu yang di dapatkan dan menjadi tolak ukur bagi kesehatan masyarakat luas,” imbuh mahasiswa Akper yang akrab disapa Wiwid ini.

Kegiatan tersebut berlangsung di aula lurah dan langsung dibuka oleh Lurah pesisir bapak Agus Sutiartono dan dihadiri oleh para RT/RW, kader dan masyarakat. Kegiatan tersebut dengan melakukan penyuluhan tentang bahaya asap rokok dan pemanfaatan TOGA sekaligus langsung di praktekan cara mengolah tanaman obat keluarga untuk penyakit ISPA salah satunya dengan menggunakan tanaman buah jeruk nipis untuk pertolongan pertama penyakit ISPA tersebut.

Kegiatan berlangsung dengan tertib dan mahasiswa bersama kader kelurahan pesisir membukan lahan untuk penanaman obat keluarga/ TOGA di lokasi RW 02 dengan berbagai macam tanaman obat keluarga yang ditanam mahasiswa dan diikuti para kader dan masyarakat dengan harapan TOGA tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai obat herbal sebelum mengkonsumsi obat kimia terus menerus sangat berdampak pada kesehatan ginjal salah satunya.

(*)

Kirim komentar Anda disini

Komentar