Sabtu , 14 Desember 2019

Mahasiswa KUKERTA UNRI Gelar Sosialisasi Pembuatan Akuaponik

INHU, DETAKKAMPAR.CO.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau menggelar sosialisasi pembuatan akuaponik bersama masyarakat di Desa Petalongan, Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu, Selasa (13/8/2019).

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memberikan penyuluhan kepada warga tentang cara pembuatan akuaponik dan manfaat akuaponik bagi daerah-daerah yang lahan pertaniannya terbatas atau bahkan dibilang tidak ada.

Hal ini dilakukan karena Sebagian besar lahan pertanahan di Desa Petalongan ditanami dengan tanaman sawit, sehingga kurangnya lahan bagi warga untuk bercocok tanam menanam tanaman seperti sayur-sayuran,” ujar Ravina salah seorang Mahasiswa Kukerta Unri.

“Akuaponik menjadi salah satu solusi yang dapat membantu warga, dengan bermodalkan alat dan bahan sederhana serta halaman rumah yang tidak terlalu luaspun masyarakat dapat membudidayakan Ikan dan sayuran sekaligus secara bersamaan,” sambungnya.

Untuk menyukseskan acara ini, dari Tim Kukerta Menyodorkan Galeh Suryo Martanto sebagai Pemateri sehingga masyarakat dengan mudah dapat mencerna cara pembuatan akuaponik.

Dengan dilakukannya sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia dan perekonomian masyarakat di Desa Petalongan. Karena dengan pembuatan akuaponik dan pengolahannya secara benar dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Penulis : Ravina

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Di Riau Ada Sekolah Rusak, Gubri Minta Usulan Dari Kepala Desa

Pekanbaru, DETAKKAMPAR.CO.ID – Melihat dan mendengar mirisnya sebagian dunia pendidikan dalam sarana prasarana yang digunakan ...