Jumat , Oktober 22 2021

Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi Pemetaan Penyakit Menggunakan Smartphone

Yogyakarta – Smartphone yang anda gunakan sehari-hari ternyata bisa menjadi radar yang mendeteksi wilayah-wilayah rawan penyakit menular.

Melalui aplikasi Health Circle kreasi mahasiswa UGM, anda bisa mewaspadai lokasi-lokasi yang diberitakan terjadi penyakit menular.

Daniel Oscar Baskoro, Bondan Bhaskara, Faisal Ahmad Sulhan dari Prodi Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM serta Ragil Unggul Prakoso dari Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran UGM bekerjasama menghasilkan aplikasi tersebut.

Cara kerja “Health Circle” yaitu mengambil informasi dari media online perihal penyakit menular yang terjadi di suatu kawasan, memverifikasinya, memetakan, kemudian mengedarkannya kepada pengguna.

Adapun peta yang digunakan yaitu peta Google Map yang dapat diakses menggunakan smartphone bersistem operasi Android.

“Mirip konsep antivirus pada komputer, kami terapkan untuk manusia,” kata Oscar di Fortakgama Gedung Kantor Pusat UGM, Bulaksumur, Yogyakarta, Jumat (1/11/2013) pagi.

Menurut Oscar, akurasi informasi yang diberikan “Health Care” mencapai 80 persen. Angka tersebut diperoleh karena informasi yang masuk masih diverifikasi oleh tenaga kesehatan bidang epidemik dari Fakultas Kedokteran UGM.

Namun aplikasi itu belum diluncurkan ke publik. Masih terdapat beberapa kendala seperti belum tersedianya server yang mumpuni. (tbn/hs)

Kirim komentar Anda disini

Komentar