Senin , November 29 2021

Mahmud Marzuki, Pergi dan Kembali Untuk Kampar

mahmudmarzuki-724x1024

Orang akrab menyapanya Engku Buya Mahmud Marzuki. Semangatnya dalam menuntut ilmu sangat tinggi. Mahmud Marzuki yakin, pendidikanlah yang mampu melepaskan rakyat dan bangsanya dari belenggu kejahilan dan kedzaliman penjajahan.

Itulah yang membuat semua tantangan dalam perjalanannya terasa ringan, meski harus terlantar beberapa tahun di Selat Panjang, kemudian singgah di Singapura hingga akhirnya bertemu dengan warga Kampar di Malaysia dan akhirnya sampai ke India.

Warga Kampar yang berada di Malaysia melihat prestasi Mahmud Marzuki yang cemerlang, setelah setahun disana menuntut ilmu. Lalu, masyarakat Kampar di Malaysia patungan menyediakan ongkos keberangkatan Mahmud Marzuki ke India guna menuntut ilmu.

Mahmud Marzuki adalah teladan kita. Dia juga adalah pahlawan kita. Di tanggal 10 November yang kita peringati sebagai hari pahlawan ini, tidak ada salahnya kita kembali menggali sejarah dan perjalanan hidupnya.

Dia pergi jauh ke India, meninggalkan Kampar tanah kelahirannya untuk menempa diri, membekali diri dan kembali membangun naghoi nya. Kisah hidup Mahmud Marzuki ini, bagi kita putra- putri Kampar adalah pelajaran yang sangat berharga.

Mahmud Marzuki memberikan keteladanan, tak mengapa kita pergi dengan tujuan menempa diri. Tapi suatu saat kita harus kembali untuk membangun naghoi. Boleh kita pergi jauh dirantau, tapi ketika zaman meminta, naghoi membutuhkan kita, kita harus siap kembali dan berjuang membangun naghoi Kampar yang kita cintai ini.

Mahmud Marzuki adalah sosok pahlawan dengan pemahaman Islam Kaffah. Dia berjuang dengan semua potensinya total untuk Islam dan Kampar tanah kelahirannya dan Indonesia bangsa yang dicintainya.

Dia berjuang lewat pendidikan, dia berjuang lewat dan mimbar- mimbar dakwahnya dan dia juga berjuang dan berkiprah lewat jalur politik bersama rekannya, H. Mhd. Amin yang pernah menjabat sebagai ketua partai Muslimin indonesia (Parmi).

Semoga kisah ini, menjadi inspirasi khususnya bagi kita generasi yang melanjutkan mimpi dan cita- cita beliau serta para pahlawan dan pejuang kita di masa lampau.


azis-zaenal

 

Penulis : H. Azis Zaenal, SH, MM

(Calon Bupati Kampar 2017 – 2022)

Kirim komentar Anda disini

Komentar