Minggu , 20 Januari 2019

Management Goes To Public 2019 Bangkitkan Kepedulian Dan Lestarikan Budaya Melayu Riau

Pekanbaru, DETAKKAMPAR.CO.ID – Universitas Riau merupakan salah satu Universitas Negeri terkemuka yang ada di Indonesia, khususnya di Pekanbaru, Riau. Universitas Riau ini memiliki berbagai macam Fakultas yang sangat diminati para lulusan SMA/MA dan sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri, salah satunya adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdepartementalisasi menjadi empat bagian, yaitu Departemen Manajemen, Departemen Akuntansi, Departemen Ilmu Ekonomi dan Departemen Perpajakan. Departemen manajemen merupakan pilihan yang paling diminati oleh para lulusan SMA/MA dan sederajat, baik untuk program studi Strata 1 maupun Diploma III.

Siswa SMA adalah suatu bagian dari masyarakat, mereka adalah generasi-generasi yang akan menjadi penerus bangsa. Pendidikan yang baik akan menjadikan mereka generasi-generasi pengganti yang baik pula. Melanjutkan studi ke jenjang Perguruan Tinggi saat ini sudah menjadi impian dan cita-cita bagi para pelajar sekolah tingkat menengah atas. Hal ini dikarenakan tuntutan perkembangan dan kemajuan Era Globalisasi,  khususnya dalam dunia kerja dan wirausaha yang membutuhkan kualifikasi tingkat pendidikan yang semakin tinggi.

Mahasiswa memiliki peran yang istimewa yang dikelompokkan dalam tiga fungsi: Agent Of Change, Social Control, dan Iron Stock. Dengan fungsi tersebut, tugas besar diemban mahasiswa yang diharapkan dapat mewujudkan perubahan bangsa yang sudah sangat semrawutini.

Peran mahasiswa sebagai Agent of Change : Sebagai agen perubahan, mahasiswa bertindak bukan ibarat pahlawan yang datang kesebuah negeri lalu dengan gagahnya mengusir penjahat-penjahat dan dengan gagah pula sang pahlawan pergi dari daerah tersebut diiringi tepuk tangan penduduk setempat.

Dalam artian, kita tidak hanya menjadi penggagas perubahan, melainkan menjadi objek atau pelaku dari perubahan tersebut. Sikap kritis mahasiswa sering membuat sebuah perubahan besar dan membuat para pemimpin yang tidak berkompeten menjadi gerah dan cemas.

Peran mahasiswa sebagai Social Control : Kita sebagai mahasiswa harus bertindak serta berperan aktif dengan ilmu dan kemampuan yang kita miliki. Peran mahasiswa sebagai social control terjadi ketika ada hal yang tidak beres atau ganjil dalam masyrakat. Mahasiswa sudah selayaknya memberontak terhadap kebusukan-kebusukan dalam birokrasi yang selama ini dianggap lazim.


Kita sebagai mahasiswa seharusnya menumbuhkan jiwa kepedulian sosial yang peduli terhadap masyarakat karena kita adalah bagian dari mereka. Kepedulian tersebut tidak hanya diwujudkan dengan demo atau turun ke jalan saja. Melainkan dari pemikiran-pemikiran cemerlang mahasiswa, diskusi-diskusi, atau memberikan bantuan moril dan materil kepada masyarakat dan bangsa kita.

Peran mahasiswa sebagai Iron Stock : Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa diharapkan memiliki kemampuan, ketrampilan, dan akhlak mulia untuk menjadi calon pemimpin siap pakai. Intinya mahasiswa itu merupakan asset, cadangan, dan harapan bangsa untuk masa depan.

Sejarah telah membuktikan bahwa di tangan generasi mudalah perubahan-perubahan besar terjadi, mahasiswa telah berhasil melumpuhkan resim orde baru dan membawa Indonesia kedalam suatu era yang saat ini sedang bergulir, yakni era reformasi.

Bukan tidak mungkin sosok pemimpin dan negarawan yang selama ini didambakan, akan lahir dari kampus. Cuma sistem demokrasi Indonesia saat ini lebih banyak menciptakan elit yang ingin tampil dan membanggakan diri. Mereka mendapatkan tempat karena politick uang, sehingga memunculkan para politisi instant.

Mahasiswa tidak cukup jika hanya sebagai akademisi intelektual yang hanya duduk mendengarkan dosen dalam ruangan perkuliahan. Kita harus memperkaya diri kita dengan pengetahuan baik itu dari segi keprofesian maupun kemasyarakatan.

Dari segi pendidikan, maksud dan tujuan yang ingin kami capai ialah untuk lebih menyadarkan dan mempersiapkan siswa dan siswi kelas 3 SMA dan sederajat di wilayah Provinsi Riau untuk menghadapi jenjang Perguruan Tinggi, dimana di dalamnya termasuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi masuk Peguruan Tinggi Negeri, terutama Univeristas Riau, guna mendapatkan pendidikan terbaik di Indonesia, dan nantinya dapat kembali sebagai pemimpin-pemimpin baru untuk menyukseskan Provinsi Riau yang kita cintai ini.

Dari segi sosial budaya, nilai ini nantinya akan diimplementasikan langsung pada setiap rangkaian acara Management Goes To Public 2019 yang bertujuan membangkitkan kepedulian masyarakat Riau kepada wilayah sekitar dan mengingatkan serta melestarikan budaya melayu ketengah-tengah masyarakat Riau, dimana secara tidak disadari perlahan-lahan sudah mulai hilang dari kehidupan sehari-hari masyarakat Riau sendiri.

Tidak hanya nilai dan tujuan yang lebih matang dan terarah, namun dalam Management Goes To Public 2019 juga akan dilaksanakan beberapa bentuk acara baru demi menunjang tercapainya nilai dan tujuan tulus yang dibawa dan ingin disampaikan oleh segenap tim Management Goes To Public 2019.

Berdasarkan nilai dan tujuan di atas, serta semangat dan sikap profesionalitas yang terus dilaksanakan oleh segenap panitia sepanjang persiapan dan pelaksanaan Management Goes To Public 2019. Kami, panitia Management Goes To Public 2019, berharap semoga apa yang kami bawa ini benar-benar memberikan pengaruh dan manfaat yang terasa bagi kemajuan masyarakat Riau kedepannya.

Kami akan melakukan kegiatan ini mulai dari tanggal 14 januari 2018 – 26 januari 2019 .Dan dalam kegiatan ini kita akan melakukan kunjungan ke SMA-SMA se riau, yang mana pada tahun 2019 ini kami dari panitia manajemen sudah mengantrakan undangan -+ 25 sekolah yaitu SMA 1, SAM 2, SMA 6,SMA 9, SMA 12, MAN 1, MAN 2 ,SMK keuangan,SMK 1 yang terdapat di kota pekanbaru, SMA 1 TUALANG,SMA 2 TUALANG ,SMA 5 TUALANG,SMA 2 SIAK HULU,SMA 1 SIAK, SMA CENDANA DURI, SMA IT MUTIARA DURI, SMA 2 MANDAU, dan akan banyak sekolah nanti nya yang akan kami datangi, selain kegiatan goes to public  kami juga akan melakukan kegiatan pengabdia yang dilaksanakan di Desa Merempan Hulu, Kecamatan SIAK,Kabupaten Siak, Riau Indonesia.

Dalam kegiatan ini, kami ingin memberi kontribusi kepada masyarakat dan memberi bantuan, yang mana nanti pada kegiatan pengabdian ini kami akan melakukan kegiatan., membangun taman baca, taman ispirasi,pelatihan kewirausahaan, peduli Pendidikan, dan peduli lingkungan.

Disana kami akan melakukan penanaman di lahan yang di sediakan oleh masyarakat, selain itu kami juga melakukan kegiatan pendekan dengan masyarakat yaitu dengan membuat event-event, seperti pertandingan voli dan lain sebagainya, dan terakhir di desa ini nanti nya akan kami tutup dengan acara malam berunggun.

Menurut Yudha Triaji, ketua pelaksana MGT P mengatakan, “semoga dengan diadakan kegiatn ini bisa membeikan manfaat dan kesan yang baik kepada masyarakat“.

Kendati demikian, dalam kegiatan ini kami mendapatkan support yang bagus dari fakultas ekonomi dan bisnis universitas riau dengan mensupport kegiatan ini.

Adapun selain fakultas ekonomi, Kepala Desa Marenpan Hulu, Herlambang sangat mensuport kegiatan ini dan beliau berharap dengan diadakanyya kegiatan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, dan memberikan motivasi kepadap pemuda setempat supaya terus berkarya dan menuntut ilmu.

Fachrul Adam, Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Riau menyampaikan, ”dalam kegiatan ini bisa memberi pengalaman yang berharga kepada mahasiswa terkhusus untuk mahasiswa manajemen, dan nanti mereka akan menjalankan salah satu dari tri dharma perguruyan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, dan juga dalam kegiatan ini bisa memberi manfaat kepada masyarakat setempat dengan pelatihan yang diberikan.” paparnya.

“Selain masyarakat sekolah-sekolah yang di kunjungi juga lebih tahu tentang fakultas ekonomi universitas riau karena di riau kita juga memiliki fakultas ekonomi yang prodi manajemennya sudah A dan tidak kalah hebat sama fakultas ekonomi yang ada di jawa “ ucap Fachrul Adam, selaku ketua himpunan mahasiswa manajemen universitas riau, Jumat (11/01/2019).

Sumber Rilis : F.Adam
Penerbit : Hasbi Riau

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

KAMMI Kampar Ingatkan KPU Agar Jaga Integritas

BANGKINANG KOTA, DETAKKAMPAR.CO.ID – Rombongan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kampar adakan kunjungan ke ...