Senin , 30 November 2020

Memanfaatkan Perkarangan Rumah,Tim Kukerta Unri 2020 Adakan Kegiatan Penanaman Bibit Buah di Desa Tanah Merah

SiAK HULU – Kegiatan ini merupakan program kerja pendukung dari ketahanan pangan guna memanfaatkan lahan pekarangan agar lebih bermanfaat dengan ditanamnya buah-buahan yang mampu membawa dampak positif dan meningkatkan ketahanan pangan di desa tanah merah.

Seperti yang kita ketahui masih banyak masyarakat yang kurang memanfaatkan lahan perkarangan dengan baik, maka daritu Tim Pengabdian KUKERTA Balek Kampung UNRI 2020 mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan perkarangan dengan menanam bibit buah-buahan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, (24/7/2020) di Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

Tim KUKERTA Balek Kampung UNRI 2020 melakukan kegiatan penanaman bibit di perkarangan Kantor Desa agar nantinya kegiatan ini bisa memberi semangat kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan perkarangan rumah.

Bibit buah yang ditanam yaitu sirsak, rambutan, kepecong, nangka, dan cempedak. Tujuan Tim KUKERTA Balek Kampung UNRI 2020 menanam bibit buah-buahan yaitu guna menjadikan lahan perkarangan rumah masyarakat lebih asri dengan melakukan penghijauan dan mengurangi dampak polusi serta hasil panen dapat dikonsumsi dan dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama.

“Penanaman bibit buah ini sangat memberikan banyak manfaat untuk masyarakat Desa Tanah Merah, semoga dengan adanya penanaman bibit ini masyarakat memiliki kesadaran untuk melakukan penghijauan di lahan perkarangan rumah”. Tutur Dian Yunita Safitri, Sekretris Desa Tanah Merah

Langkah selanjutnya Tim KUKERTA melakukan penghiasan perkarangan kantor desa yang telah ditanami bibit dengan memanfaatkan sampah plastik dan barang-barang bekas, seperti aqua botol, kaleng susu bekas, spanduk bekas, dan ban bekas. Kemudian Tim KUKERTA melakukan pembagian bibit buah kepada masyarakat yang masih memiliki lahan perkarangan kosong.

Kegiatan ini diawasi dan dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) M. Yogi Riyantama Isjoni, SE.,MM Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Tim Kukerta Balek Kampung Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

(Wulan)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Kukerta Relawan Covid-19 Fakultas Kedokteran UNRI 2020 Gencar Lakukan Edukasi Cegah Corona

PEKANBARU – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK Unri) yang terbentuk dalam Tim Kukerta Relawan ...