Sabtu , Desember 4 2021

MendikBud : UN Tetap Diberlakukan Seperti Biasa

img_7402

DetakKampar.co.id-Presiden Joko Widodo memutuskan tetap memberlakukan sistem Ujian Nasional (UN). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi hanya menegaskan keputusan ini sudah diputuskan dalam rapat terbatas.

“Sudah diputuskan. Seskab yang menyampaikan,” kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (19/12/2016).

Mendikbud juga hanya menjawab singkat soal diterima tidaknya keputusan penolakan usulan penghapusan UN tersebut. “Saya kan membantu Presiden,” katanya.

“Sudah ada kesepakatan secara resmi untuk menyampaikan hasil ratas itu Pak Menseskab,” tambahnya.

Muhadjir menyebut tidak ada perbaikan khusus terkait sistem UN saat ini. UN diberlakukan seperti sistem semula. “Kayaknya enggak ada (perbaikan, -red). Tinggal kelanjutannya saja,” ujarnya.

Namun soal kualitas guru yang jadi sorotan Jokowi, Muhadjir berencana melakukan peningkatan kualitas tenaga pendidik. “Termasuk melibatkan guru untuk membuat soal berstandar nasional di bawah kendali BSNP dan di bawah bimbingan di lembaga penilai penjaminan mutu,” tuturnya.

Usul penghapusan UN ini frontal disuarakan oleh Muhadjir. Muhadjir juga mengadukan masalah ini kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sebelum akhirnya dirapatkan di Istana dan diputuskan oleh Presiden Jokowi.***

Kirim komentar Anda disini

Komentar