Kamis , 24 September 2020

Operasi Lilin MT 2019 : Polres Kampar Dirikan 4 Pospam dan Turunkan 420 Personel Gabungan

BANGKINANG, DETAKKAMPAR.CO.ID – Kamis (19/12/2019) sekira pukul 09.00 Wib, Bertempat di Lapangan Pelajar Kecamatan Bangkinang Kota dilaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Lilin Muara Takus 2019 di Wilayah Hukum Polres Kampar.

Apel Gelar Pasukan ini dipimpin langsung Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK, dan dihadiri Bupati Kampar yang diwakili Sekdakab Drs. Yusri MSi, Dandim 0313/ KPR diwakili Pasi Ops Kapten Inf. Suhardi, Kajari Kampar Suhendri SH, MH, Ketua PN Bangkinang Unggul Tri Esthi Muljono SH, MH, Kasat Pol PP Kampar, Kadishub Kampar, Perwakilan Jasa Raharja, Ketua Ormas Sekkom Kampar dan sejumlah undangan lainnya.

Untuk peserta Apel terdiri dari Personel TNI dari Kodim 0313/ KPR dan Yonif 132/ BS, Personel Gabungan Polres Kampar, Satpol PP dan Dishub Kampar serta Ormas Senkom.

Apel Gelar Pasukan ini ditandai dengan pemasangan Pita Tanda Operasi oleh Pimpinan Apel kepada perwakilan personel dari masing-masing instansi yang terlibat dalam Operasi Lilin Muara Takus 2019 ini.

Kapolres Kampar selaku Pimpinan Apel dalam amanatnya membacakan Amanat Presiden RI pada Apel Gelar Pasukan Ops Lilin tahun 2019, berikut petikannya :

Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran, bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan serta soliditas seluruh pemangku kepentingan yang dilibatkan.

Operasi Lilin 2019 merupakan Operasi Kepolisian Terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari mulai 23 Desember 2019 s/d 1 Januari 2020, dengan fokus pengamanan adalah 61.308 obyek pengamanan diseluruh Indonesia meliputi tempat ibadah, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun KA dan Bandara.

Dalam Operasi ini dilibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan terdiri dari 121.358 personel Polri, 17.190 personel TNI serta 55.259 dari instansi terkait antara lain Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Damkar, Linmas, Senkom dan instansi lainnya.

Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.792 titik pos pengamanan dan 45 titik pos terpadu, strategi yang diterapkan dalam operasi ini dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intijen berupa deteksi dini dan deteksi aksi serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Mengakhiri amanatnya, Presiden RI menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Kegiatan Apel Gelar Pasukan berakhir pada pukul 09.45 wib dan seluruh rangkaian acara berlangsung dengan aman dan lancar.

Usai Apel Gelar Pasukan, Kapolres Kampar menggelar jumpa pers dengan sejumlah awak media dan menyampaikan beberapa hal terkait kegiatan Operasi Lilin Muara Takus 2019 di Jajaran Polres Kampar, berikut penyampaiannya :

Selama pergelaran Operasi Lilin Muara Takus 2019 ini Jajaran Polres Kampar akan menempatkan 4 Pos Pengamanan yaitu ; di wilayah Pandau Jaya Kec. Siak Hulu, Lapangan Merdeka Kec. Bangkinang Kota, Simpang Petapahan Kec. Tapung dan di Kelok Indah Kec. XIII Koto Kampar.

Jumlah anggota yang dilibatkan dalam Satgas Operasi dan penempatan pada Pos Pengamanan terdiri dari 120 personel Polri, 16 anggota TNI, 16 personel Dishub, 16 anggota Pol PP, 24 petugas medis Dinas Kesehatan dan 8 anggota Ormas Senkom.

Selain itu Jajaran Polres Kampar juga menyiapkan 220 personel lainnya dari Polres dan Polsek Jajaran untuk pengamanan kegiatan masyarakat di tempat ibadah saat natal dan tahun baru, obyek vital, tempat wisata, pusat perbelanjaan serta tempat-tempat lain yang perlu pengamanan dari Kepolisian.

Kita harapkan dengan digelarnya Operasi Lilin Muara Takus 2019 ini, situasi di wilayah hukum Polres Kampar khususnya menjelang tahun baru ini tetap dalam keadaan aman dan kondusif serta terpeliharanya stabilitas kamtibmas, jelas Kapolres.

Sumber : hms Polres Kampar

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Sambut HUT TNI Ke-75, Kodim 0313/KPR Gelar Bhakti Sosial Donor Darah

BANGKINANG – Dalam rangka memperingati HUT TNI ke 75 Kodim 0313/KPR melaksanakan Bhakti Sosial Donor ...