Rabu , 12 Desember 2018

Over Kapasitas SDN 013 Pongkai Butuh Perhatian

KOTO KAMPAR HULU, DETAKKAMPAR.CO.ID – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 013 Pongkai yang terletak di Desa Pongkai Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar mengalami over kapasitas alias kekurangan ruang belajar sebanyak dua lokal yang saat ini hanya memiliki sembilan ruang belajar dengan 286 siswa.

Kepala Sekolah SDN 013 Pongkai Zainurrosul,S.Pd saat dijumpai diruang kerjanya menyampaikan, disampaing kekuran dua ruang belajar sekolah kita juga memerlukan rehat berat sebanyak 2 ruangan belajar yang duvangun sejak tahun1993 silam,” ujarnya Kamis pagi (22/11/2018).

Dikatakannya, tidak menutup kemungkinan sekarang kelas VI hanya ada satu lokal dan tahun depan mungkin dua atau tiga lokal, sehingga sekolah kami ini betul – betul sangat membutuhkan ruang kelas belajar yang baru,” sambungnya

“Sekarang jumlah siswa kami sebanyak 286 orang, sementara gedung ruangan kelas kami hanya 9 lokal dan artinya sekolah kami ini membutuhkan penambahan pembangunan lokal untuk rombongan belajar ( rombel ) sebanyak dua lokal serta saat ini siswa kelas II.B melaksanakan kegiatan belajar mengajar dirumah guru dimana keadaannya juga sudah memprihatinkan dan siswa kelas III.B belajar diruang Perpustakaan, “ucap Zainurrosul.

“Saya baru menjabat sebagai kepala sekolah SDN 013 Pongkai ini selama 3 bulan lamanya,” terangnya.

Di awal saya masuk ke sekolah ini, lantai lokal pada rusak pecah- pecah, beberapa loteng telah banyak rusak hingga pqda bolong- bolong karena tripleknya sudah pada lapuk dan tentunya hal tersebut membuat siswa – siswi kita saat melakukan aktvitas belajar mengajar kurang nyaman,” jelasnya.

Alhamdulillah setelah saya menjabat Kepala Sekolah di SDN 013 ini masalah bangku, lantai kelas yang rusak telah kita perbaiki atau atasi melalui dana Biaya Operasional Sekolah (BOS).


Sementara itu, Nur Marni,S.Pd wali kelas IIB mengatakan.” Saya mengajar menjadi guru disekolah SDN 013 Pongkai ini lebih kurang 15 tahun, namun posisi saya hingga sekarang ini hanya masih guru honor komite dan masalah sekolah kami kekurangan lokal pada saat ini serta mengalami over kapasitas memang itu benar adanya mulai dari masa kepemimpinan bapak Fauzi,” ungkapnya.

“Saya selaku wali kelas II.B SDN 013 Pongkai berharap mohon dibantu penambahan pembangunan gedung ruang kelas disekolah kami karena aktvitas belajar mengajar saat ini kami menggunakan rumah guru serta seperti sarana lainnya mulai dari meja dan kursi yang pada rusak harap diganti dengan yang baru,” harapnya.

“Sebagai guru honor komite terutama kami para guru yang mengajar didaerah sulit juga mohon diperhatikan oleh pemerintah meskipun tidak menjadi guru kontrak ataupun PNS tidak apa – apa tetapi setidaknya mohon gaji kami bisa diusahakan setara gaji UMR”, pungkasnya.

(***)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Tanggulangi Kemiskinan Lewat PKH

BANGKINANG KOTA – Banyak cerita dibalik perjuangan para Pendampingan Keluarga Harapan (PKH) yang bertugas diwilayah ...