Senin , 26 Agustus 2019

Peran PKK Provinsi Riau Dalam Keluarga

pkk-pemprov-detakDetakkampar.co.id – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Di Provinsi Riau, TP-PKK yang diketuai oleh Sisilita Arsyadjuliandi membuat sebuah gebrakan bersama kaum wanita Riau yang tergabung dalam perkumpulan TP-PKK Riau . Sasaran gebrakan TP-PKK Riau adalah sebagai Keluarga unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami dan istri,  suami istri dan anaknya atau ayah dan anaknya atau ibu dan anaknya. Adapun kegiatan yang ditawarakan dalam gebrakan tersebut yakni 10 Program Pokok TP-PKK pada hakekatnya merupakan kebutuhan dasar manusia, yaitu :

pkk-pemprov-1-detak

Untuk mencapai program pokok kegiatan PKK tersebut, Ketua TP-PKK Riau berharap semua kader PKK musti benar-benar dapat diandalkan sebagai pioner sekaligus menjadi panutan dalam masyarakat. kegiatan yang dimulai dari keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat, apabila keluarga sehat, mandiri dan kuat, maka akan kuat dan mandiri pulalah masyarakat. “Keluarga yang sehat dan mandiri akan mewujudkan ketahanan keluarga,” jelas Sisilita.

Peningkatan Kesejahteraan Keluarga

Dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga, Ketua TP-PKK menggagas kegiatan Penciptaan Menu Baru untuk makanan dalam rumah tangga. Kemudian hasil temuan menu tersebut dilombakan oleh TP-PKK Riau yang diikuti oleh kelompok kerja (pokja) TP-PKK Kabupaten/Kota se – Riau, kemudian disosialisasikan ke ibu-ibu rumah tangga melalui pameran atau pertunjukan kegiatan TP-PKK.

edit-pemprov-detak

Perlindungan Perempuan dan Anak

pkk-pemprov-detak4Dalam rangka membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya akibat kecacatan, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau bekerjasama dengan PERAPI, BK3S Riau dan Tim Penggerak PKK Provinsi Riau serta didukung oleh Riau Pos Media Grup menggelar kegiatan bakti sosial bibir sumbing dan celah langit-langit. Kegiatan bhakti sosial ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka gebyar 40 Tahun RSUD Arifin Achmad yang jatuh tanggal 24 Mei 2016 dan juga merupakan suatu bentuk kepedulian RSUD Arifin Achmad terhadap masyarakat dengan tema ”Tuntaskan bibir sumbing dan celah-celah langit di Provinsi Riau”.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 11 s.d 13 Mei 2016. Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter RSUD Arifin Achmad, terdapat 43 pasien yang memenuhi syarat medis untuk dilakukannya operasi bibir sumbing . Dalam kegiatan bakti sosial ini turut dihadiri oleh Ketua PKK Provinsi Riau dan Ketua BK3S Provinsi Riau, Ibu Sisilita Arsyadjuliandi Rachman dan perwakilan Dinas kesehatan Provinsi Riau dan kota Pekanbaru, Dinas Sosial, BPJS dan Ibu Bupati Rokan hulu.

TP-PKK Riau Menjadi Mitra Pemprov Riau

pkk-pemprov-detak5

“Dinas dan badan akan rugi jika tidak menggandeng PKK. Mereka bisa membantu kita dalam melaksanakan program-program. Lihat saja, prestasi PKK di tingkat nasional sudah banyak,” ungkap Andi Rachman saat membuka acara Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Riau, di Gedung Dharma Wanita, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Rabu (21/9/2016) beberapa waktu lalu

Menurutnya, PKK terbukti telah banyak membantu Pemerintah dalam pelaksanaan program pembangunan dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang mereka kemas.

Seperti halnya program-program yang diluncurkan oleh TP PKK Provinsi Riau, mulai dari bakti sosial (Baksos) operasi bibir sumbing, operasi gratis katarak, baksos untuk korban bencana, dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM).

“Semoga dengan adanya Jambore PKK, bisa dimanfaatkan untuk membahas program-program sosial kemasyarakatan yang dapat membantu pemerintah,” tegasnya

Jambore ini merupakan ajang berkumpul bersama kader PKK se-Provinsi Riau dalam jumlah yang besar dengan membahas berbagai hal baik itu program maupun diskusi tentang masalah masyarakat. “Saya berharap Setelah jambore ini PKK Provinsi Riau dan Kabupaten kota lebih terkonsolidasi dalam melaksanakan tugas dan kegiatan kedepan”. Ungkap Gubernur Riau

“Kedepannya Kader PKK Kabupaten Kota mampu menjadi salah satu mitra pemerintah daerah yang aktif untuk melangsungkan pembangunan lebih baik kedepan,  khususnya pada bidang kesejahteraan masyarakat”, Tambahnya

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Riau Sisilita Arsyadjuliandi menambahkan bahwa jambore ini merupakan kegiatan  persiapan untuk nantinya mewakili Provinsi Riau ditingkat nasional.

“Jambore PKK ini merupakan agenda tahunan dimulai dari kabupaten kota dan diseleksi di tingkat Provinsi kemudian pemenang dari jambore ini menjadi duta Provinsi Riau ditingkat nasional”, Ungkapnya

Dikatakan Sisilita Arsyadjuliandi Rachman, Kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama PKK. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil di tengah masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan.

Sehingga bagi kader PKK yang telah berkiprah dan aktif melaksanakan tugasnya di tengah masyarakat, hendaknya diberikan dukungan dan penghargaan. Sehingga ke depan lebih bersemangat untuk menjalankan program-program PKK dan bertanggung jawab membangun keluarga dan masyarakat. Dengan demikian program pemerintah bisa tepat sasaran menuju keluarga kecil dan sejahtera dalam membangun Indonesia yang lebih baik di masa datang.

Kegiatan Jambore PKK ini akan dilaksanakan setiap tahun. Hal ini untuk memotivasi dan meningkatkan kebersamaan dalam rangka mendukung program pemerintah. Sekaligus guna peningkatan kesejahteraan ibu dan anak. Dari keluarga yang sejahtera ini, maka akan tertata kehidupan berbangsa dan bernegara serta dapat melahirkan ketenteraman, keamanan, dan keharmonisan, serta kedamaian.

“Saya berharap kegiatan ini bukan hanya sekadar seremonial belaka, akan tetapi bisa diterapkan di tengah keluarga. Dan juga bukan sekadar rutinitas tahunan belaka, tapi hendaknya dijadikan sarana dalam bertukar informasi dan pengalaman.(adv/hms)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Didampingi Bupati Kampar, Gubri Lepas Ziarah Kubur

BANGKINANG, DETAKKAMPAR.CO.ID – Gubernur Riau Drs Syamsuar,M.Si didampingi Bupati Kampar Catur Susanto,SH secara resmi melepas ...