Sabtu , 8 Agustus 2020

Perlukah Perbaikan Sistem Informasi Akuntansi Di Indonesia?

Sumber : Gambar diambil dari finansialku.com

Perkembangan teknologi informasi akuntansi saat ini berpengaruh besar terhadap Sistem Informasi Akuntansi Indonesia. Akuntansi berbasis akrual saat ini belum terealisasi sepenuhnya.

Di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini akuntan dituntut untuk lebih bisa menyaingi Negara-negara tetangga. Kesempatan untuk bekerja dan berkarier di luar negeri untuk para akuntan terbuka lebar saat ini. Kesepakatan itu tertuang dalam Mutual Recognition Arrangement on Accountancy Services (MRA on Accountancy Services) atau kerja sama dalam layanan akuntansi.

Guru Besar Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Lindawati Gani mengatakan regulasi tentang akuntan publik, sebaiknya perlu direvisi.

“Undang-undangnya [bisa direvisi] dengan menyeratakan, misalnya siapa saja yang boleh atau disyaratkan untuk menyiapkan laporan [audit],” ujar Linda usai ditemui dalam acara The 1st ASEAN CPA di Nusa Dua, Bali, Kamis (17/10/2019).

Adapun saat ini undang-undang tentang akuntan publik tertuang dalam undang-undang No. 5 tahun 2011 tentang akuntan publik.

Selain itu juga, untuk menerapkan kerja sama dalam layanan akuntansi di Indonesia juga masih ditemukan berupa tantangan.

Itu kenapa penulis menyampaikan perlu atau tidak perbaikan dalam sistem informasi akuntansi.

Di era Big-Data saat ini juga bisa menjadi acuan dalam pengambilan keputusan. Banyak data yang tidak terstruktur itu juga menjadi tantangan bagi akuntan dalam mengambil keputusan.

Hakim mahasiswa STIE Bangkinang juga menyebutkan bahwa harus ada terobosan baru dalam dunia akuntansi agar bisa bersaing dengan negara-negara lain.

“Kita harus ada sebuah terobosan baru yah, karena kita kan sudah memasuki era digital yah, juga kita kan sedang mempersiapkan MEA. Jadi kita para akuntan juga berupaya memberikan terobosan-terobosan yang bisa menyaingi negara-negara lain di dunia akuntansi.” Ujar Hakim.

 

Penulis : Firmansyah Abdul Hakim

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Jangan Remeh ! CORONA Mengancam Dunia

Oleh: AFDHAL Sejak muculnya wabah Corona akhir Desember 2019 pada awalnya dunia seperti tak menganggap ...