Senin , 18 Januari 2021

Pertama Kali, Kampar Gelar MTQ Untuk ASN

BANGKINANG KOTA, DETAKKAMPAR.CO.ID – Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kabupaten Kampar menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkab Kampar. Kegiatan ini dilgelar untuk menghadirkan dan menciptakan nuansa religius serta menghadirkan kesejukan bagi masyarakat Kabupaten Kampar serta pemerintah Kabupaten Kampar. Disamping itu kegiatan MTQ ini juga menjadi forum silaturahmi yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat persaudaraan sesama anggota ASN dikabupaten Kampar ini.

Demikian dikatakan Bupati Kampar yang diwakili Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto ketika membuka Musbaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) sesama Anggota Aparatur Sipil Negara (ASN) Sempena peringatan Hut Korpri ke 64 yang dipusatkan dimesjid Al Muhajirrin Komplek Perkantoran Kantor Bupati Kampar, (22/11).

Al Qur’an sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan tidak akan pernah abis untuk digali dan dikaji. Keluhuran nilai-nilai ajaran Al Qur’an sebagai pedoman hidup umat manusia perlu ditumbuh kembangkan melalui proses pendidikan baik formal maupun informal. Semoga momentum MTQ tingkat ASN ini menjadi momentum strategis mewarnai pelaksanaan Pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat ucapnya.

Selain itu Catur Sugeng Susanto mengharapkan melalui MTQ ini semakin menambah kecintaan kita terhadap Al Qur’an, sehingga akan timbul semboyan tiada harus tanpa bacaan Al Qur’an. Setiap hari kita mengutamakan membaca Al Qur’an sehingga menjadi bacaan utama setiap ASN dikabupaten Kampar harap Catur Sugeng Susanto.

Sementara itu Ketua Korpri Kabupaten Kampar Ir. Nurahmi dalam sambutannya menyampaikan MTQ ASN memiliki daya tarik dan ruang tersendiri bagi ASN pada khususnya dan bagi masyarakat umumnya. Karena ini adalah acara keagamaan yang efektif juga mampu mendorong percepatan Pembangunan daerah melalui peningkatan kinerja ASN itu sendiri.

Selain itu Nurahmi juga mengungkapkan Manfaat  lain yang diperoleh dari pelaksanaan MTQ ASN ini adalah menambah Ukhuwah Islamiyah dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan syiar Islam dilingkungan Kerja ASN Kabupaten Kampar, sekaligus dapat membina Qori dan Qoriah untuk dapat menunjukkan kemampuan. Kegiatan ini kedepannya harus lebih terprogram, terstruktur dan berkelanjutan sehingga hasil yang kita peroleh dari pelaksanaan kegiatan ini lebih baik lagi.

Dalam laporan kegiatan MTQ ASN Kepala Bagian Kesra Kabupaten Kampar Sasminedi menyampaikan tujuan dilaksanakan MTQ ASN ini diantaranya adalah untuk menumbuhkembangkan pengamalan, pemahaman dilingkungan ASN Kabupaten Kampar, juga sebagai ajang seleksi Qori dan Qoriah untuk kita ikut sertakan pada ajang MTQ ASN tingkat Provinsi Riau.

Sasminedi juga menjelaskan bahwa pelaksanaan MTQ ASN ini dijadwal berlangsung dua hari mulai tanggal 22 hingga 23 November 2017, peserta MTQ ini diikuti oleh perwakilan masing-masing OPD dan Kecamatan, organisasi vertikal yang ada dikabupaten Kampar, hingga peserta yang mendaftar hingga saat ini berjumlah 88 orang Qori dan Qoriah.

Untuk cabang yang diperlombakan pada MTQ ASN kali ini diantaranya Tilawatil Qur’an Putera-puteri dan Puteri, Tartil Qur’an juga Putera-puteri, Hafizah Qur’an Putera-puteri, dakwah Al Qur’an Putera-puteri serta Hatil Qur’an juga Putera-puteri ujar Sasminedi.

Hadiah dan piagam penghargaan kepada pemenang lomba Musbaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) sesama Anggota Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Kampar diserahkan langsung oleh Bupati Kampar, H Azis Zaenal SH MM bersempena peringatan HUT Korpri ke 46.

Adapun para pemenang yang dibacakan seksi Musabaqah Irwan Taufik antara lain, Cabang Tartil Al-Qur’an putra juara I diraih Jufrizon kampar Utara, juara II Abdurrahman Kemenag Kampar jauara III Suparwita Kuok, cabang tartil Al-Qur’an Putri, juara I diraih Desmawati Kecamatan Kampa, juara II lina Marni Tambang, juara III Fatmi Kemenag, Cabang Tilawatil Qu’an Putra juara I Yusri kampar Kiri, juara II Suhaimi Dinas Perpustakaan, juara III Hendri Tapung.

Sementara untuk cabang Tilawatil Qu’an Putri juara I diraih Meri Nova dari Kecamatan Kampa, juara II Hj Nurfadilah Bangkinang, juara III Delpianti Kampar Kiri, cabang Hifzhil 1 Juz Putra juara I Fauzi Kecamatan Tambang, Hifzhil 1 Juz Putri  juara I diraih Irawati Kampar, juara II Marhamah Kemenag, juara III Nurhuda Kampar Utara.

Sedangkan cabang Hifzhil 5 jus juara I Putra diraih Abdul Gafur dari  Tapung Hulu, juara II Jon Kenedi Bangkinang Kota, cabang Da’wah Al-Qur’an Pa juara I Dasril Amali XIII Koto Kampar, juara II Jarlisman BKBPP, juara III Nursal kemenang.

Selanjutnya cabang Da’wah Al-Qur’an Putri diraih Hj Elmi Kemenag, juara II Ira Royana Kuok, juara III Suharnis kampar Kiri Tengah, cabang Khattil qur’an Dekorasi Pa juara I Zamzami BKBPP, juara II Andri Nur Rumbio Jaya, juara III Hasbullah Kuok, cabang Khattil qur’an Putri juara I Ernawati Kuok, juara II Siti Jauari Kuok, serta cabang qur’an Kontemporer Putra juara I diraih Agus Sutrisno Dinas P dan K. (Adv)

Kirim komentar Anda disini

Komentar

Baca Juga

Dewan dan Sekretariat DPRD Riau Bagikan Hand Sanitizer Kepada Pengendara Ojek Online

PEKANBARU, DETAKKAMPAR.co.id – Sebagai bentuk kepedulian serta mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) kepada para Pengendara ...